Relawan Jaga Pamekasan Bersihkan Sungai dan Jantung Kota

Relawan Jaga Kota Pamekasan saat membersihkan sungai di bawah Gladak Anyar (santrinews.com/istimewa)

Pamekasan – Forum Relawan Jaga Kota Pamekasan membersihkan beberapa lokasi strategis di Kabupaten Pamekasan. Kegiatan tersebut adalah untuk menyambut peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 yang jatuh pada 21 Februari.

Berikut ini lokasi yang disasar dan dibersihkan, monumen jantung kota Arek Lancor di Jl Agus Salim hingga di sekitar kaki jembatan di Sungai Klowang, dan Kelurahan Gladak Anyar.

Kegiatan itu berlangsung sejak Ahad pagi 19 Februari 2023 hingga selesai. Ada sekitar 260 relawan yang berpartisipasi. Seluruh relawan dibekali dengan sarung tangan karet, kantong kresek dan beberapa alat kebersihan lainnya untuk menunjang kegiatan.

Sekretaris Forum Relawan Jaga Kota Pamekasan Faisal mengatakan, menjaga kebersihan lingkungat amat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Lingkungan sehat adalah salah satu penunjang menuju masyarakat yang makmur.

Berdasar urai di atas, Ia menggandeng Dinas PUPR, DLH hingga relawan yang masih berstatus pelajar SMA dan SMP sederajat. “Gerakan ini semoga memberi kesadaran bagi masyarakat untuk peduli kebersihan sampah agar tidak menjadi pemicu banjir dan penyakit,” ujarnya.

Faisal menjelaskan, ia bersama seluruh timnya tengah ingin memberikan pesan moral kepada masyarakat melalui tindakan atau contoh nyata di lapangan.
“Kalau dengan teguran khawatir yang ditegur tersinggung dan jadi masalah,” katanya.

Ia berharap, kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin, sehingga dapat memberi pengaruh positif yang meluas kepada masyarakat.

“Kami berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 1 truk penuh ditambah kendaraan roda 3 itu ada 4 sampai 5 bak juga terisi penuh,” jelasnya. (has/ari)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network