Pemkot Jaksel Lakukan Sosialisasi tentang Kota Sadar Zakat

Wali Kota Jakarta Selatan dan Kepala Baznas DKI Jakarta melaunching Jakarta Selatan sebagai kota sadar zakat (santrinews.com/istimewa)

Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan melakukan sosialisasi tentang Kota Sadar Zakat melalui kegiatan Festival Ramadhan.

Sosialisasi tersebut bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) DKI pada Senin, 3 April 2023. Festival Ramadhan ini dihadiri oleh pihak Polres Metro Jakarta Selatan, Himpunan Pengusaha Warteg Indonesia (HIPWIN), Gojek (Yayasan 1 Aspal).

Hadir juga Yayasan Sahabat Mandiri Indonesia, Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI, dan beberapa perwakilan lainnya. Badan-badan tersebut juga menyatakan partisipasi zakatnya kepada Baznas DKI Jakarta.

Kepala Baznas DKI Jakarta Ahmad Abu Bakar mengapresiasi warga Jakarta Selatan yang berpartisipasi optimal untuk membayar zakat.

 “Zakat yang terkumpul kita gunakan untuk membantu fakir miskin, pendidikan, dan kegiatan-kegiatan amal lainnya. Jadi saya meminta kesadaran kita semua untuk turut berpartisipasi dalam zakat,” kata Ahmad dalam sambutannya.

Sementara, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengatakan, kesadaran membayar zakat merupakan wujud kepedulian sosial masyarakat untuk saling membantu sesama warga yang membutuhkan.

“Kami pun dari jajaran ASN, Polri, serta badan-badan lain juga sudah sepakat untuk menyumbangkan sebagian pendapatan kami untuk zakat,” kata Munjirin.

Ketua Koordinator Baznas (Bazis) Jakarta Selatan Yasdar menyebutkan sembilan prestasi yang diraih Kota Jakarta Selatan di bidang zakat.

Sejauh ini, kata Yasdar, Jakarta Selatan meraih penghargaan sebagai kota dengan zakat tertinggi DKI Jakarta. Selain itu, tiga kecamatannya, yakni Kecamatan Kebayoran Baru, Kecamatan Kebayoran Lama, dan Kecamatan Pesanggrahan juga meraih juara 1, 2, dan 3 untuk zakat tertinggi DKI Jakarta. 

Hal yang sama juga diraih Jakarta Selatan pada level kelurahan. Tiga kelurahannya, yakni Kelurahan Melawai, Kelurahan Ulujami, dan Kelurahan Kebayoran Lama Utara meraih juara 1,2, dan 3 untuk zakat tertinggi se DKI.

“Prestasi yang luar biasa ini membuat kami semakin yakin bahwa Jakarta Selatan layak untuk menyandang predikat Jakarta Selatan Kota Sadar Zakat,” tandas Yasdar. (ant/red)

Terkait

NASIONAL Lainnya

SantriNews Network