Hadits Nabi

Hukum dan Manfaat Libur Weekend sesuai Hadits Nabi, Tante dan Jomblo Wajib Tahu!

Ilustrasi perempuan libur weekend di pantai (santrinews.com/pexels)

Weekend, berlibur akhir pekan merupakan pilihan bagi sebagian orang untuk meremajakan kembali saraf, pikiran dan tenaga setelah sepekan bekerja.

Ada banyak pilihan yang bisa dijadikan tempat untuk berwisata akhir pekan. Mulai dari berkunjung ke pantai, situs-situs sejarah, mencari kuliner, bahkan ada yang hanya sekedar berkumpul bersama keluarga.

Jomblowers? Ah, mereka paling hanya menghabiskan waktu di kamarnya. Scroll gadget kesana-kemari entah apa yang dicari. Paling mentok weekendnya ke rumah sesama jomblo yang sejenis, ngegame bareng.

Hee piss jomblowan-jomblowati, canda doang. Kalian itu masih dicintai oleh Rasullah Saw, kok. Tidak pacaran, menjaga kesucian raga dan jiwa dari godaan setak terkutuk. Selamat kalian dinobatkan sebagai jomblo fisabilillah!

Jomblowers, simak tuntunan Rasulullah Muhammad Saw di bawah ini. Hitung-hitung sebagai persiapan jika nanti kalian sudah bertemu jodoh dan membangun rumah tangga.

Pergi liburan ke tempat wisata pada weekend itu, memang sudah mafhum bagi bapak-ibu, om-tante, mas-mbak. Mereka bersama keluarganya pergi libur untuk merajut dan memperkuat keharmonisan pondasi rumah tangga.

Tak hanya itu, weekend juga bisa menambah kesehatan jiwa dan memperkaya nilai relegius dalam diri bila diniatkan seperti yang diajarkan Rasulullah Saw. Beliau bersabda:

لكل عامل شرة ولكل شرة فترة فمن كانت فترته إلى سنتي فقد اهتدى

Artinya: Setiap pekerja pastilah berapi-api (semangatnya di awal kerja), dan setiap yang bersemangat, pastilah ia akan melemah dan butuh istirahat sejenak, maka sungguhlah beruntung jika istirahatnya digunakan untuk melakukan kesunnahanku. (HR. Ahmad dan Thabrani dari Abdullah bin Amr. Dan berkata Al-Imam At-Turmudzi: Hadits Hasan Sahih)

Hadis ini menunjukkan bahwa liburan akhir pekan weekend jika diniatkan untuk memompa semangat di awal pekan, maka sangat dianjurkan, karena profesionalitas bekerja sangat membutuhkan konsentrasi penuh dan terhindar dari kelelahan. Hal itu bisa dicapai jika pikiran dan tenaga sudah tenang dan bahagia, salah satunya caranya dengan liburan weekend.

Rasulullah SAW bersabda :

إن الله يحب إذا عمل أحدكم عملاً أن يتقنه

Artinya: Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang pekerjaannya dilakukan secara profesional. (HR. Al-Baihaqi)

Para pekerja, pelajar, termasuk jomblowers, harus fokus dan konsentrasi untuk mendapat hasil maksimal. Salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan beristirahat sejenak dari semua aktifitas tersebut. Terlebih, profesionalitas dalam beraktifitas juga menjadi kunci dalam kesuksesan

Lantas bagaimana hukumnya berlibur akhir pekan? Hukum asalnya adalah mubah selama tidak ada kemaksiatan.

الاصل في الاشياء الإباحة

Artinya: Hukum asal dari segala sesuatu adalah mubah.

Dengan demikian, liburan akhir pekan, selama tidak mengandung dan mengundang kemaksiatan, maka sangat dianjurkan, sehingga akan menambah semangat dalam menyelesaikan pekerjaan secara professional. (*)

Terkait

HALAQAH Lainnya

SantriNews Network