Nasihat Ulama: Manfaat Sedekah

Sedekah (santrinews.com/istimewa)

Umat Islam dianjurkan untuk senantiasa saling berbagi antar sesama. Berbagi dengan cara bersedekah tidak hanya berupa materi saja, karena dengan tersenyum pun kita telah bersedekah kepada orang lain.

Sedekah dapat memberikan manfaat dalam kehidupan bermasyarakat, dan akan mendapat pahala dari Allah swt.

Sepintas, sedekah berarti menyisihkan sebagian harta kita untuk diberikan kepada orang lain. Perlu diingat, ketika bersedekah tidak boleh bertujuan untuk pamer dan riya. Bersedekahlah semata-mata karena Allah swt.

Sedekah dapat memengaruhi kehidupan manusia. Selain mendapat pahala, juga dimudahkan jalan rezeki kita.

Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata:

فإان للصدقة تأ ثيرا عجيبا في دفع آنواع البالء ولو كانت من فاجر آو من ظالم بل من كافر
فإان الله تعالى يدفع بها عنه آنواعا من البالء، وهذا آمر معلوم
عند الناس خاصتهم وعامتهم، و آهل ا لرض كلهم مقرون به لنهم جربوه

“Sungguh sedekah itu memiliki pengaruh yang luar biasa untuk mencegah berbagai macam bala’ dari pelaku sedekah meski seorang penggemar dosa, orang zalim bahkan meski orang kafir. Dengan sedekah Allah mencegah berbagai macam bencana. Ini adalah perkara yang telah diketahui oleh semua manusia baik awam atau kalangan terpelajar. Semua penduduk bumi mengakui hal ini karena mereka telah membuktikannya” (Al-Wabil Ash-Shoyyib hal 31).

Usaha preventif untuk mencegah bencana dan malapetaka itu ada dua macam. Pertama, Usaha fisik lahiriah semisal sikap waspada dan hati-hati, menyimpan uang di tempat yang aman. Kedua, usaha non fisik semisal berdoa dan bersedekah.

Usaha untuk mencegah bencana non fisik itu tidak kalah penting dengan usaha fisik lahiriah. Sebaik-baik sedekah adalah wakaf karena cukup sekali dilakukan namun pahalanya terus sepanjang zaman hingga hari Kiamat. (red)

Terkait

HALAQAH Lainnya

SantriNews Network