Pasca Libur Ramadhan, Kiai Mamak Ingatkan Niat Santri Kembali ke Pondok Pesantren

Pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa KH Moh Shalahuddin A Warits saat menyampaikan tausiyah kepada para santrinya (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa KH Moh Shalahuddin A Warits atau Kiai Mamak mengingatkan para santrinya untuk tetap mengokohkan niat ketika kembali ke pesantren usai menjalani masa libur panjang bulan Ramadhan.

Untuk itu, Kiai Mamak mengatakan, kembalinya para santri ke pondok pesantren adalah ingin mengembalikan niat awal ketika hendak mondok dulu.

“Tentu niatnya bermacam-macam, ingin melaksanakan paksaan dari orang tua, menuntut ilmu, pokoknya bermacam-macam. Setelah itu kalian pulang, melihat kenyataan dan kembali ke sini. Maka kokohkan niatnya,” kata Kiai Mamak saat memberikan tausiyah kepada para santrinya di Masjid Jamik Annuqayah, Senin, 1 Mei 2023 kemarin.

Kiai Mamak menambahkan, mengokohkkan niat harus selaras dengan sikap. Hal itu dikarenakan, tradisi di Pondok Pesantren Annuqayah dari dulu memiliki akhlak yang bagus.

“Niatnya dibenarkan oleh sikap. Nawaitu dan kerjakan. Tiru sikap-sikap santri terdahulu,” pesannya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar santri tidak meragukan keberkahan yang ada di pondok pesantren. Sebab, kata dia, berkah bukan ditandai dari siapa kiai dan pengurusnya, namun seperti apa niat awal pendirian pondok pesantren.

“Di pondok ini jangan sampai meragukan keberkahan. Sekalipun kalian berpikir ilmunya berbeda, zamannya pun ikut berbeda. Tapi ushulnya, akarnya tetap sama,” ujarnya.

Hal lain yang disampaikan, yaitu mengenai perbaikan diri. Menurutnya, tidak ada batas perbaikan diri. Hal ini disebabkan memperbaiki diri harus terjadi setiap hari.

“Kesusksesan tidak bisa diukur dari masa lalu, atau masa depan. Tapi saat ini,” tandasnya.

Sebagai tambahan, masa libur panjang bulan Ramadhan santri Pondok Pesantren Annuqayah ini dimulai sejak hari Ahad, 26 Sya’ban 1444 H/19 Maret 2023 M sampai dengan hari Senin, 10 Syawal 1444 H/1 Mei 2023 M. (an/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network