Mahasiswa STIDAR Sosialisasikan Hidup Sehat Tanpa Narkoba

Sumenep – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman (STIDAR) Gadu Barat Kecamatan Ganding, sosialisasikan bahaya narkoba kepada pemuda Desa Campaka Kecamatan Pasongsongan.

Sosialisasi tersebut bertajuk “Hidup Sehat Tanpa Narkoba” mengajak masyarakat khususnya pemuda agar tidak sekali-kali mencoba narkoba, karena sangat berbahaya yang merugikan kehidupan masa depannya.

“Kami ingin anak muda di Sumenep tidak terjerumus narkoba, mengingat penyalahgunaannya menimbulkan dampak negatif bagi keberlangsungan kehidupan pemuda dan masyarakat,” kata Koordinator KKN Mahasiswa STIDAR, M. Faruq Bafadlal, di Balai Desa Campaka, Kamis 2 Januari 2020.

Dia menyatakan, saat ini peredaran narkoba sangat mengancam generasi muda yang bisa merusak generasi bangsa, bahkan banyak warga yang tertangkap oleh aparat penegak hukum, sehingga para pemuda dan masyarakat harus memerangi bersama-sama peredaran barang haram itu.

“Penggunaan narkoba tidak hanya berbahaya untuk fisik saja, namun juga merusak mental atau jiwa. Untuk itu, masyarakat dan pemuda agar tidak menjadi pecandu, jangan menggunakan narkoba supaya tidak ketagihan,” imbuhnya.

KKN mahasiswa STIDAR Gadu Barat, Ganding mengisi kegiatan pengabdian dengan menggelar sosialisasi Hidup Sehat Tanpa Narkoba, menghadirkan penyaji dari Badan Ansor Anti Narkoba (BANAR) M Affan. Sedangkan peserta sosialisasi berasal dari warga di enam Dusun Desa setempat.

Diharapkan dengan sosialisasi itu, bisa meningkatkan pengetahuan tentang dampak buruk penyalahgunaan narkoba, sekaligus membangun kesadaran masyarakat utamanya pemuda di Desa Campaka untuk mencegah peredarannya.

“Mudah-mudahan sosialisasi ini memberikan efek positif bagi pemuda dan masyarakat Desa Campaka, untuk peduli lingkungannya agar bebas dari peredaran Narkoba,” pungkasnya.

KKN mahasiswa STIDAR Gadu Barat dibagai menjadi dua kegiatan, yakni untuk mahasiswa diadakan di Desa Campaka, sedangkan mahasiswi di Desa Rajun Kecamatan Pasongsongan. (red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network