Kenapa Binatang Ikut Dikumpulkan di Padang Mahsyar? Ini Penjelasan Ustadz Nur Rohmad

Ustadz Nur Rohmad (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Tidak hanya manusia, seluruh hewan dan binatang yang hidup di bumi kelak akan digiring dan dikumpulkan di padang mahsyar. Ustadz Nur Rohmad menjelaskan alasan kenapa hal itu bisa terjadi.

Dalam sebuah video yang tayang di Kanal NU Online, Usadz Nur Rohmad memaparkan, bahwa alasan hewan dan binantang juga dikumpulkan di padang mahsyar itu untuk menunjukkan keadilan Allah swt.

“Betapa adilnya Allah swt. Binatang yang diseruduk oleh binatang lain yang bertanduk, akan diberikan tanduk di padang mahsyar. Kemudian Allah memerintahkan untuk menyeruduk juga. Ini bentuk keadilan,” kata Ustadz Nur Rohmad, Selasa, 30 Mei 2023.

Kemudian setelah itu, kata dia, binatang-binatang ini akan menjadi tanah. Tidak ada yang dimasukkan ke surga atau pun ke neraka.

Adapun dalil tentang binatang-binatang yang dikumpulkan di padang mahsyar ini, berdasarkan firman Allah Allah SWT dalam Al-Quran surat At-Takwir, wa idzal uhusyu husyirat (ketika bintang-binatang itu dikumpulkan di mahsyar).

“Ini menunjukkan bahwa binatang juga memiliki ruh atau arwah sama seperti manusia, jin, dan malaikat,” ujar peneliti di Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur itu.

“Jadi salah besar jika ada yang mengatakan bahwa binatang itu tidak memiliki ruh,” tandasnya. (qi/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network