Cak Sadad dan Para Kiai Muda Jatim Ngabuburit dengan Ngaji Kitab

Surabaya – Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Anwar Sadad mengisi Ramadlan 2021 dengan mengaji kitab Al-Munqidz min al-Dlalal karya al-Imam al-Ghazali. Pesertanya kiai-kiai muda.

Pengajian dilaksanakan secara daring setiap sore pukul 16.00-17.00 WIB. Yang memimpin pengajian setiap hari juga digilir.

“Pembaca kitabnya bergantian: saya sendiri dan kiai-kiai muda, seperti KH Basyir Nawawi, KH Mahrus Ali Kholil dan KH Maftuhin Shobar,” kata Cak Sadad kepada SantriNews, Kamis 15 April 2021.

Berikut bagian kiai yang sudah terjadwal untuk membacakan kitab tersebut diantaranya, di hari ke-12, pembaca kitab adalah Gus Firjaun Barlaman Jember. Hari ke-11 dibaca Anwar Sadad. Hari ke-10, KH Subkhan Faqih, Darul Ulum Rembang, Pasuruan.

Hari ke-9, dibaca oleh KH M Mahrus Kholil dari Ponpes Darul Ulum, Paiton. Hari ke-8, pembaca Ustaz M Maftuhin, Yayasan Al-Ijtihad Nguling Pasuruan. Hari ke-7, pembaca kitab adalah KH M Basyir Nawawi dari Pondok Pesantren Lubbul Labib Maron, Probolinggo. Pada hari ke-6, pembaca Anwar Sadad. Begitu terus secara bergilir.

Menurut Cak Sadad, peserta pengajian kitab tasawuf ini bukan hanya kalangan kiai. Peserta dari beragam latar sosial dan profesi.

“Macam-macam backgroundnya yang ikut. Ada yang alumni Langitan, Lirboyo, Sidogiri, Tambakberas. Juga ada pengusaha, ada ustadz dan kiai muda,” tambah mahasiswa program doktoral UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Sadad menjelaskan, pengajian daring kitab Al-Munqidz min al-Dlalal adalah untuk mengaji diri. Dalam kacamata akademik dikenal dengan Filsafat Manusia.

“Kita perlu melestarikan warisan para ulama dengan mengaji kitab klasik karya ulama besar sekaligus filsuf muslim berpengaruh, yaitu Imam al-Ghazali,” ujarnya.

“Dari karya beliau kita bisa mengetahui cara mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui mengenal sifat-sifat yang ada dalam diri kita. Isi kitab itu juga menjelaskan sebagaimana yang dilakukan para sufi terdahulu bisa ittihad,” tambah alumni Sidogiri ini. (ril/ari)

Terkait

NASIONAL Lainnya

SantriNews Network