Rijalul Ansor Pragaan Bekali Pemuda Tatacara Mengurus Jenazah

Sumenep – Mengurus jenazah termasuk fardu kifayah bagi umat Islam. Namun, seiring perkembangan zaman, banyak pemuda saat ini kurang paham tata cara merawat jenazah yang sesuai dengan syariat Islam.

Karena itu, Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor (MDS RA) Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pragaan, Sumenep menggelar pelatihan “Tajhizul Jenazah”.

Pelatihan berlangsung di Masjid Nurul Ikhlas, Desa Kaduara Timur, Rabu, 16 September 2020.

“Pelatihan ini untuk memperdalam keilmuan tajhizul jenazah kepada para pemuda Kecamatan Pragaan, khususnya pemuda Desa Kaduara Timur yang masih kurang paham bagaimana mengurus jenazah sesuai syariat Islam dan tuntunan para ulama,” kata Ketua PAC GP Ansor Pragaan, Imam Ghazali.

Menurut dia, pelatihan bertujuan untuk memberikan keberanian bagi peserta dalam melakukan tajhizul jenazah, terutama nantinya kepada keluarga peserta.

“Kegiatan seperti ini juga melatih keberanian kita dalam hal mengurus jenazah dan siap berkontribusi di masyarakat untuk ikut serta melakukan tajhizul jenazah secara sukarela dan melakukannya dengan benar,” imbuhnya.

Pemateri diisi Ketua MDS Rijalul Ansor Sumenep, Kiai Qumri Rahman. Ia menjelaskan, ada salah satu cara yang tidak dilakukan oleh masyarakat pada saat merawat jenazah. Padahal ada yang sunah untuk dilakukan, tetapi tidak dilaksanakan karena tidak terbiasa dan tidak tahu bahwa itu sunah.

Pada saat jenazah belum dimandikan badan jenazah digerak-gerakkan terlebih dahulu, dimulai dari tangan dengan digerakkan ke atas dan ke bawah. Dari tangan kanan kemudian tangan kiri yang tujuannya supaya mempermudah jenazah saat akan dikafani.

Agar tangan tidak renggang kedua kaki jenazah juga digerakkan secara bergantian waktu dimandikan. Juga yang menjadi kesunahan dalam memandikan jenazah yaitu, dengan menggunakan tiga wadah berbentuk gentong berisi air bersih.

“Untuk tata cara merawat jenazah, tidak jauh berbeda dengan cara yang sudah dilakukan masyarakat pada umumnya,” ujarnya. (red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network