Pesantren Ummul Quro Plakpak Peringati Maulid Nabi bersama Alumni

Pamekasan – Pondok Pesantren Ummul Quro Putri Plakpak, Pamekasan, memperingati Maulid Nabi dan haul pendiri pesantren sekaligus temu alumni. Tujuannya, tali silaturrahmi antara alumni dan pesantren tetap terjalin.

Acara yang dihadiri kurang labih 250 alumni dan 148 santri itu berlangsung di halaman pondok pesantren, Ahad pagi, 25 Oktober 2020. Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan dimeriahkan banjari khas santri putri dan diawali dengan istighasah.

“Acara intinya memperingati Maulid Nabi sekaligus temu alumni, tapi kita juga melaksanakan haul untuk para pendiri pondok Ummul Quro, jadi sekalian pembacaan istighasah, dan ratibul haddad,” kata Ketua panitia, Nor Aini.

Baca juga: Menteri Agama Resmi Buka Muktamar Sastra di Pesantren Sukorejo

Menurut perempuan yang berprofesi sebagai guru TK tersebut, acara temu alumni sebenarnya rutin dilaksanakan dua kali setahun. Tujuannya guna menyambung tali silaturahmi antar pengasuh dan alumni.

“Tujuan acara ini untuk menjalin tali silaturrahmi antara pengasuh dan para alumni. Istilahnya supaya (hubungan) tidak putus,” tegasnya.

Pengasuh Pesantren Ummul Quro Putri KH Basri Hasan bersyukur temu alumni rutin terlaksana, sehingga silaturahmi antara santri yang sudah menjadi alumni dengan pesantren tetap tak terputus.

“Alhamdulillah, kita semua bisa berkumpul di tempat yang insya Allah penuh barokah ini,” kata Kiai Basri saat memberi sambutan. (nuri/onk)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network