Pemkab Pamekasan Inisiasi Pasar Murah jelang Ramadhan 1444 H

Wakil Bupati Pamekasan Fattah Jasin (memakai songkok) saat mengunjungi pasar murah menjelang bulan Ramadhan 1444 H (santrinewa.com/istimewa)

Pamekasan – Menjelang bulan suci Ramadhan 1444 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat menggelar pasar murah di Area Food Colony, Jalan Kesehatan.

Plt Kepala Disperindag Pamekasan Basri Yulianto mengatakan, pasar murah ini merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan Pemkab setempat.

“Sebagai upaya memenuhi sembilan kebutuhan bahan pokok dengan harga yang terjangkau di bawah harga pasar menjelang bulan suci Ramadhan,” kata Basri Yulianto, Kamis, 16 Maret 2023.

Melalui agenda tersebut, pihaknya ingin menjaga stabilitas harga di tengah tingginya permintaan kebutuhan sembako masyarakat menjelang bulan suci Ramadhan, dan Hari Raya Idulfitri dengan konsep supply and demand.

Dijelaskan juga, adanya pasar murah tersebut merupakan salah satu strategi menekan fluktuasi harga di daerahnya.

“Beberapa waktu lalu kami juga menggelar operasi pasar, operasi beras, dan minyak. Alhamdulillah, setelah kami lakukan operasi pasar, harganya kembali stabil dibandingkan dengan sebelumnya, dan beberapa kabupaten lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, pelaksanaan pasar murah akan digelar di empat tempat berbeda hingga bulan Ramadhan. Pertama, di area food colony Jalan Kesehatan mulai tanggal 16-17 Maret 2023.

Kedua, di kantor Kecamatan Palengaan mulai tanggal 27-28 Maret 2023. Ketiga di Kantor Kecamatan Waru mulai tanggal 5-6 april 2023, dan terakhir di pasar tradisional Kecamatan Pakong mulai tanggal 11-12 April 2023.

“Komuditas yang tersedia pada pelaksanaan pasar murah ini mulai komuditas beras, minyak goreng, gula, garam, bawang merah, bawang putih, mie instan, makanan ringan, serta berbagai ragam bumbu dapur, dan aneka makanan minuman olahan lainnya,” kata Mantan Kabag Pembangunan Setdakab Pamekasan ini.

Ia berharap, pasar murah Ramadhan ini dapat menjadi media dalam memenuhi kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) dengan harga yang terjangkau.

“Selain itu juga diharapkan mampu menjaga stabilitas harga di Kabupaten Pamekasan,” pungkasnya.

Pasar murah ini dihadiri Wakil Bupati Pamekasan Fattah Jasin, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Nurul Widiastuti, Camat Pamekasan Rahmat Kurniadi, dan sejumlah pejabat lain di lingkungan Pemkab setempat. (kab/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network