Tips Mudik Aman Menggunakan Mobil Pribadi

Mudik (santrinews.com/itstcokphoto)

SEBENTAR lagi musim mudik lebaran Idulfitri 1444 H akan berlangsung. Sebagian masyarakat saat pulang kampung menggunakan angkutan umum seperti kereta api, bus. Namun tak sedikit juga yang menggunakan mobil pribadi.

Namun, bagi pengguna mobil pribadi sebaiknya persiapkan diri sebelum berangkat mudik. Mengingat jumlah pemudik tahun ini melonjak drastis.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi jumlah pemudik di lebaran tahun ini akan mencapai 123,8 juta orang. Jumlah tersebut meningkat 14,2 persen dibandingkan prediksi pergerakan masyarakat pada lebaran tahun 2022 yang mencapai 85,5 juta orang. Selain itu, sebanyak 9,35 juta orang bakal memakai mobil saat mudik.

Oleh karena itu, Santri News telah merangkum hal-hal yang perlu diperhatikan saat mudik menggunakan mobil pribadi, agar mudik bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan, aman dan nyaman. Berikut tips mudik aman menggunakan mobil pribadi:

Dalam tayangan NU Online, yang diakses Santri News pada Ahad, 16 April 2023, hal pertama yang harus diperhatikan saat mudik menggunakan mobil pribadi adalah menyiapkan kondisi fisik agar tetap prima selama perjalanan. Pasalnya, kondisi fisik yang tidak prima dapat mengganggu konsentrasi pengendara.

Oleh karena itu, pastikan sudah beristirahat yang cukup, mengonsumsi vitamin dan makanan bergizi. Kedua, pastikan juga kondisi mobil yang dikendarai dalam keadaan prima. Lakukan pengecekan performa mesin secara teliti untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Sedangkan yang ketiga, barang yang dibawa juga harus dipehatikan. Jangan sampai melebihi daya muat. Selain itu, jumlah penumpang tidak melebihi batas kapasitas yang telah ditentukan oleh pabrikan.

Selanjutnya, bagi pemudik yang mengguna mobil pribadi, pastikan sudah mempelajari dan memahami rute tujuan perjalanan. Hal ini sangat penting agar perjalanan tetap lancar dan tidak terjebak macet. Meskipun sudah ada peta digital, gunakan dengan hati-hati dan tetap fokus ke jalanan.

Terakhir, pastikan kondisi tangki mobil terisi penuh. Hal ini untuk mengantisipasi kehabisan bahan bakar ketika tengah melakukan perjalanan yang cukup jauh dan macet.

Nah, itulah tips yang bisa dilakukan ketika ingin mudik menggunakan mobil pribadi. Jangan lupa untuk berdoa agar dimudahkan selama perjalanan, dan diberikan keselamatan sampai tujuan. (qi)

Terkait

SAFARI Lainnya

SantriNews Network