UP PPG dalam Jabatan Diikuti 14.122 Guru Madrasah dan PAI

Direktur Diktis Ahmad Zainul Hamdi memantau pelaksanaan Ujian Pengetahuan PPG di UIN Sunan Ampel Surabaya (santrinews.com/istimewa).

Surabaya – Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama menggelar Uji Pengetahuan pada Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan. Uji Pengetahuan ini dilaksanakan secara daring. Di mana seluruh peserta mengikutinya dari domisili masing-masing. Para Dosen Pengawas melakukan kerja pemantauan dari kampus LPTK.

Kegiatan ini diikuti 14.122 guru madrasah dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dari berbagai daerah di Indonesia. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ahmad Zainul Hamdi mengatakan, Uji Pengetahuan PPG digelar secara serentak di depalan Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Meliputi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Alauddin Makassar, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon.

“Materi yang diujikan meliputi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Kesamaptaan,” kata Ahmad Zainul Hamdi saat memantau pelaksanaan Uji Pengetahuan (UP) PPG dalam Jabatan di UIN Sunan Ampel Surabaya, Sabtu, 28 Januari 2023.

Kepada Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan (FITK) serta Tim Pengelola PPG dan seluruh dosen Pengawas, Inung, sapaan akrab Ahmad Zainul Hamdi, berpesan agar meneguhkan semangat integritas dan profesionalitas.

“Ini dinilai sangat penting agar UP PPG dapat melahirkan tenaga pendidik yang profesional dan berkarakter moderat,” jelasnya.

Melalui UP PPG kali, ia berharap semua hasil capaian kelulusan bisa maksimal. Menurutnya, UP PPG kali ini, kata dia, secara perdana didanai dari anggaran kerjasama Kemenag dengan LPDP Kemenkeu RI.

Sekadar informasi, turut mendampingi pemantauan UP PPG di UIN Surabaya, Kasubbag TU DIktis M. Aziz Hakim dan Sekretaris Panitia Nasional PPG Kemenag RI Mustofa Fahmi. (qi/red)

Terkait

NASIONAL Lainnya

SantriNews Network