Ratusan UMKM Meriahkan Harlah ke-77 Muslimat NU Jateng

Sejumlah IMKM di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah ikut memeriahkan peringatan Harlah ke-77 Muslimat NU Jawa Tengah (santrinews.com/istimewa)

Tegal – Lebih dari 500 Usaha Mikro Kecil dan Mengah (UMKM) berpartisipasi dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-77 Muslimat NU Provinsi Jawa Tengah yang dipusatkan di Kabupaten Tegal. Masing-masing UMKM menjajakan berbagai jenis produk mulai dari makanan, minuman, batik, busana, kosmetik, dan produk khas Tegal.

“Panitia hanya menyediakan 50 tenda dengan 2 meja, namun di dalamnya bisa diisi 4-10 UMKM,” kata koordinator UMKM Harlah ke-77 Muslimat NU di Jawa Tengah Kabupaten Tegal Hj Zakiyah Asegaf, Sabtu, 10 Juni 2023.

Zakiyah mengatakan, para pelaku UMKM sangat antusias bisa berpartisipasi dalam perhelatan akbar yang digelar kali pertama oleh Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Tegal itu. Pihaknya juga memberi space untuk UMKM dari luar Kabupaten Tegal sebagai bentuk upaya bersama meningkatkan pemberdayaan perekonomian warga Muslimat.

Zakiyah menjelaskan, di Kabupaten Tegal terdapat 117 ribu UMKM dengan berbagai variasi produk. Mereka mendapatkan pembinaan dari Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal. Utamanya dalam peningkatan mutu produk, pemasaran dan lain-lain agar UMKM naik kelas.

Saat ini juga sedang berlangsung proses sertifikasi halal bagi UMKM. Mereka bisa mendaftar melalui pendamping di daerahnya masing-masing lewat KUA setempat.

Salah seorang pelaku UMKM Hj Maskanah mengaku senang karena diberi ruang untuk mengikuti bazar UMKM di Harlah Muslimat NU di Jawa Tengah di Kabupaten Tegal. Awalnya, kata dia, hanya untuk mengenalkan produk-produk yang dihasilkannya, tanpa diperkirakan ternyata dagangannya laris manis.

“Terima kasih kepada Muslimat NU yang telah memberikan berkah kepada kami,” ungkap Maskanah.

Di dalam pendopo, juga dijajakan berbagai produk UMKM gratis bagi pengunjung. Seperti yang dilakukan UMKM PAC Muslimat NU Lebaksiu menjajakan tahu aci khas Tegal dan jajanan gorengan lainnya. Lebih dari 3000 tahu aci sudah dikonsumsi para pengunjung hingga pukul 10.00 WIB.

“Sejak jam 07.00 kami menggoreng terus tahu aci, kempong dan gorengan lainnya tanpa henti,” tutur salah seorang penggoreng tahu aci Umi.

Perayaan Harlah Muslimat NU di Provinsi Jawa Tengah berlangsung meriah karena antusiasme masyarakat mengunjungi UMKM. Selain di dalam pendopo atau kantor Pemda, pengunjung juga tumpah ruah di alun-alun Hanggawana Slawi.

Acara dihadiri Ketua PP Muslimat NU Hj Khofifah Indarparawansa, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimun, Ketua PW Muslimat NU Jateng Prof Ismawati, Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Tegal Hj Umi Azizah, dan undangan lainnya. Tampak memberikan tausiyah Gus Miftah dengan gaya ceramah khasnya dengan blangkon dan pegang tongkat. (nu/red)

Terkait

NASIONAL Lainnya

SantriNews Network