Petugas Haji Wajib Miliki Sikap Ramah Lansia

Sinkronisasi dan Rapat Teknis Admin Seleksi Calon Petugas Haji Daerah di Jakarta (santrinews.com/istimewa)

Jakarta – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief mewajibkan seluruh petugas haji untuk bersikap ramah dengan jamaah, utamanya mereka yang lanjut usia (lansia).

Hal ini disampaikan Hilman baik kepada seluruh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), PPIH Kloter, PPIH Non Kloter, maupun Petugas Haji Daerah (PHD). Pesan disampaikan saat Hilman memberikan sambutan pada Sinkronisasi dan Rapat Teknis Admin Seleksi Calon Petugas Haji Daerah di Jakarta.

Menurut Hilman, pihaknya tengah menyiapkan standarisasi pelayanan khusus jemaah lansia. Hilman juga mengaku sudah bertemu dengan Center of Aging Learning Studies (pusat studi tentang lansia), Kamis (9/2/2023).

“Kami juga tengah menyusun sistem standarisasi pelayanan khusus jemaah lansia ini. Bagaimana petugas haji bisa mempunyai sikap ramah lansia, kita akan adakan pelatihan, bertemu dengan Center of Aging Learning Studies (pusat studi tentang lansia),” katanya.

Jadi, lanjut dia, bisa dipastikan petugas yang nanti terpilih akan bisa mengetahui karakteristik lansia, termasuk jika mengalami gejala penyakit awal. 

Pada musim haji tahun 1444H/2023M ini, kata Hilman, ada kurang lebih 62ribu jamaah haji lansia yang harus difasilitasi dan dilayani dari aspek Ibadah maupun layanan lainnya.

“Berdasarkan data yang kami miliki bahwa tahun ini ada kurang lebih 62ribu jamaah lansia yang harus kita fasilitas dan kita layani dengan baik, baik dari segi aspek ibadahnya maupun dari aspek layanan lainnya. Oleh karena itu kami mempersiapkan berbagai hal terkait mitigasi layanan lansia dengan standar, aspek kesehatan maupun layanan umumnya,” kata Hilman.

Petugas haji tersebut, sambung dia, nantinya akan diberikan wawasan khusus dalam menangani jamaah lansia ini. Karena tahún ini Kemenag punya program Haji Ramah Lansia.

“Petugas haji nantinya harus mempunyai semangat, antusiasme, tenaga, energik serta bisa berbicara dengan orang tua dengan menggunakan bahasa yang baik, memuliakan mereka,” terangnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Bina Haji Arsad Hidayat serta Kepala Sub Direktorat Bina Petugas Muhammad Khanif, 34 Kepala Biro Kesra Sektetaris Daerah, para Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi seluruh Indonesia. (red)

Terkait

NASIONAL Lainnya

SantriNews Network