1 Abad NU

Pengasuh Pesantren, Rektor dan 200 Nahdliyin Pasuruan Jalan Kaki 50 Km ke Sidoarjo

Kirab Nahdliyin Gapura sumenep, Madura Jawa Timur (santrinews.com/istimewa)

Pasuruan – Sekitar Dua ratus lebih nahdliyin dari Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur akan jalan kaki (napak tilas) menuju Gelora Delta Sidoarjo pada puncak Resepsi 1 Abad NU. Jarak tempuh kurang lebih 50 km.

Kiai yang akan ikut jalan kaki itu di antaranya, Ketua PCNU Pasuruan KH Imron Mutamakkin, Pengasuh Pesantren Ar-Raudoh Pasuruan KH Suadi Abu Amar, Rektor Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan Abu Amar Busthomi, Sekretaris PC LDNU Gus Syarofuddin Al Kuwaity.

Selain mereka ikut pula Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) M Nur Ali Farchan, perwakilan tokoh agama, pengurus lembaga, pengurus banom, dan kader muda NU lain.

Koordinator napak tilas dan kirab, Ustadz Mukhamad Ghufron menjelaskan, peserta akan start dari kantor PCNU Kabupaten Pasuruan.

“Nanti ada kader PCNU Bangil yang akan ikut bergabung dengan menunggu di Alun-alun Bangil,” katanya Sabtu 4/ Feberuari 2023.

Rute yang akan di tempuh nahdliyin pserta napak tilas itu yanki, seluruh peserta akan berangkat dari halaman PCNU Kabupaten Pasuruan. Perjalanan dilanjutkan menuju perempatan Kebonagung, Kota Pasuruan, melewati Jalan Panglima Sudirman, Jalan Erlangga, Jalan Raden Patah, Jalan Kiai Sepuh, Persimpangan Gadingrejo, dan Jalan Ahmad Yani Surabaya-Pasuruan.

Usai itu perjalanan berlanjut ke arah Kecamatan Gempol. Lalu melewati Kecamatan Porong, Kecamatan Tanggulangin, Kecamatan Candi, Pasar Larangan, Jalan Diporegoro, dan Jalan Pahlawan, hingga berakhir di Parkir Timur Gelora Delta Sidoarjo

Peserta dalam perjalanan itu akan melakukan beberapa pemberhentian dan istirahat. Lokasi pemberhentian istirahatnya yankni pertama di Masjid Gus Dur, Kecamatan Kraton, Sentra Produk Unggulan atau Bangkodir, Kecamatan Bangil, pos 5 PCNU Pasuruan dan terakhir kantor MWCNU Candi Sidoarjo.

“Kebutuhan konsumsi hingga jaminan kesehatan sudah kami siapkan,” kata Cak Ghufron

200 peserta napak tilas itu untuk saat pulang akan diantar dengan menaiki 5 bus yang sudah dipersiapkan. “Bismillah, semoga lancar,” pungkasnya. (mahfud/ari)

Terkait

NASIONAL Lainnya

SantriNews Network