Pagar Nusa Siapkan Workshop Batch II Content Creator, Bentuk Ekosistem Digital

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa, M Nabil Haroen (santrinews.com/istimewa)

Jakarta Setelah sukses menyelenggarakan Workshop Batch I Digital Content Creator, Pimpinan Pusat Pagar Nusa menyiapkan serial pelatihan berikutnya. Hal ini disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa M Nabil Haroen. Workshop Batch II akan dimulai pada Juni hingga Juli 2023 mendatang.

Workshop Batch I Digital Content Creator diselenggarakan pada Maret-Mei 2023 lalu, yang menghadirkan beberapa narasumber ternama. Agenda ini juga berkolaborasi dengan jaringan media moderat. Pimpinan Pusat Pagar Nusa, bekerjasama dengan NUPro Academy sebagai anchor dan penyelenggara serial workshop ini.

Narasumber pada Batch I, yakni M Nabil Haroen (Pagar Nusa), Anjani Amitya Kirana (World Bank Consultant), Shofa Ulul Azmi (NUPro Academy), Ayi Fahmi (TVNU), Abdulloh Hamid (UIN Surabaya), Ubaidillah Al-Bantany (Pusat Studi Pesantren), dan beberapa nama lain. Secara serial, workshop akan dilanjutkan secara berjenjang pada batch II, hingga beberapa gelombang selanjutnya hingga akhir tahun 2023.

“Kami ingin agar kader-kader Pagar Nusa yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia maupun negara lain, mendapatkan akses peningkatan skill digital. Jadi, kami ingin kader-kader muda Pagar Nusa ikut terlibat dalam transformasi digital di organisasi. Tahapan pertama, kita latih para kader ini untuk skill-skill digital yang dibutuhkan,” kata Nabil Haroen, yang juga Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) itu.

Menurut Nabil, skill digital menjadi sangat penting untuk bisa berkembang di era ini. “Ini tahapan basic untuk kita siapkan terkait tren digital, digital analytics, wawasan digital, serta skill-skill khusus yang dibutuhkan pada era ini,” ujar Nabil.

Selanjutnya, Nabil Haroen menyampaikan bahwa untuk serial workshop yang diselenggarakan ini bertema Digital Content Creator.

“Saat ini yang basic, ya digital content creator. Selanjutnya, nanti ada digital journalism, digital marketing, dan juga terkait dengan database organisasi. Kami menyiapkan skema yang tepat dan relevan untuk semua kader Pagar Nusa. Secara berjenjang, nanti masing-masing dilatih dan ditingkatkan skills-nya,” jelas Nabil yang juga anggota Komisi IX DPR RI.

Nabil Haroen berharap serial workshop ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi seluruh kader. “Jadi organisasi Pagar Nusa sedang membenahi database dan e-KTA berbasis digital. Sistemnya sudah hampir siap, dan kita juga siapkan roadmap transformasi digital. Sembari itu berjalan, kita siapkan kader-kader untuk menjadi ekosistem digital. Jadi, kader-kader Pagar Nusa tidak hanya user, tapi jadi creator. Ini yang sedang kita siapkan,” terang Nabil.

Pagar Nusa berharap agar program-program strategis terkait transformasi digital di internal organisasi, bisa menginspirasi dan menggerakkan organisasi. “Pagar Nusa memang basic-nya di skill pencak silat. Tapi, kita juga punya jutaan kader yang punya profesi di berbagai lini. Dan Pagar Nusa juga berkewajiban untuk menyiapkan skema pendidikan dan pelatihan terbaik bagi kadernya,” ujarnya. (nu/red)

Terkait

NASIONAL Lainnya

SantriNews Network