Mahfud MD bersama Ulama NU di Pesantren Annuqayah Sumenep Bahas Radikalisme

Menkopolhukam Mahfud MD saat di kediaman Kiai Abd A’la di Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk, Sumenep, Madura, Jawa Timur (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD berkunjung ke Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep usai mengisi kuliah umum di STKIP PGRI Sumenep, pada Kamis 2 Februari 2023.

Kedatangan Mahfud MD ke Pesantren Annuqayh disambut oleh Kiai Abd A’la Basyir dan jajaran pengasuh, Ketua PCNU Kabupaten Sumenep Kiai Pandji Taufiq, bersama dengan Rais Syuriah PCNU Sumenep KH Hafidzi Syarbini, Ketua MWCNU Guluk-Guluk Kiai Md Widadi Rohim, dan Rais Syuriah MWCNU Guluk-Guluk Kiai Ainul Yaqin.

Tokoh berdarah Pamekasan Madura ini berbicara terkait masalah penyebaran paham radikalisme dan satu abad NU di Kediaman Kiai Abd A’la.

Paham radikalisme yang terjadi di Indonesia sepaket dengan paham wahabisme yang selalu mengharamkan amalan ulama-ulama Indonesia, terutama ulama kalangan NU.

Semisal paham wahabisme yang beberapa hari lalu tengah mencuat di Kabupaten Pamekasan. Toho pendiri Hadratus Syekh KH Hasyim Asy’ari dituding mengharamkan Maulid Nabi. Alhasil GP Ansor Pamekasan langsung melaporkan.

Ketua PCNU Sumenep Kiai Panji Taufiq dalam kesempatan itu mengungkapkan, Pesantren Annuqayah menjadi penopang NU terdepan. “Itu untuk merespons penyebaran paham radikal yang semakin luas,” ungkapnya. (ari)

Terkait

NASIONAL Lainnya

SantriNews Network