Lyudmilla Vorobieva: Umat Islam di Rusia Berkembang Pesat

Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Lyudmilla Vorobieva (kanan) dalam "Dialog Kehidupan Islam di Indonesia dan Islam di Rusia" (santrinews.com/istimewa).

Bandung – Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Lyudmilla Vorobieva mengatakan, umat Islam di Rusia mengalami perkembangan yang pesat. Sehingga menjadikan negeri beruang merah itu sebagai negara yang memiliki penduduk muslim terbesar di Eropa.

Hal tersebut disampaikan Lyudmilla Vorobieva ketika melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Nurul Iman Cibaduyut, Kota Bandung, Selasa, 24 Januari 2023 kemarin. Kunjungan Dubes Rusia Lyudmilla Vorobieva dilakukan bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Kedatangan Lyudmilla Vorobieva dan Gus Muhaimin dalam rangka “Dialog Kehidupan Islam di Indonesia dan Islam di Rusia”. Mereka disambut Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Iman KH Khoiruddin Aly, dan diiringi lantunan lagu Yalal Wathon dari ribuan santri setempat.

Dalam kesempatan itu, Lyudmilla Vorobieva meyampaikan bahwa di Rusia memiliki tingkat kesamaan beragama dengan Indonesia. Di mana berpegang teguh terhadap nilai-nilai tradisi.

“Saat ini jumlah umat muslim di Rusia mencapai 20-30 juta jiwa atau 30 persen dari total keseluruhan penduduk Rusia,” kata Lyudmilla Vorobieva.

Dalam materinya, Lyudmilla Vorobieva juga menyampaikan bahwa Islam di Rusia mengalami periode kebangkitan. Kini jumlah mesjid di Rusia meningkat 70 kali. “Sekarang jumlahnya hampir 7 ribu,” jelasnya.

Sementara itu, Gus Muhaimin merasa bersyukur penduduk muslim di Rusia sangat besar. Bahkan, kata Wakil Ketua DPR RI itu menyampaikan, semua negara-negara pecacahan Uni Soviet banyak berpenduduk muslim.

“Semangat keagamaan Rusia tinggi. Terbukti jumlah jemaah haji sangat sangat besar yang berangkat ke Saudi,” kata Gus Muhaimin.

Lebih lanjut, Gus Muhaimin menyerukan perdamaian atas krisis yang terjadi saat ini di Ukraina.

“Kita berharap Rusia segera damai, dan mengakhiri perang dengan siapa pun. Kalau Rusia dan Ukraina damai ekonomi dunia tumbuh baik dan Insyaallah kita akan selamat dari krisis dan resesi,” pungkasnya. (qi)

Terkait

NASIONAL Lainnya

SantriNews Network