DPW Kemenag Peringati Nuzulul Quran, Eny Retno: Momentum Turunnya Ilmu Pengetahuan

Penasihat DWP Eny Retno Yaqut saat membuka kegiatan Nuzulul Quran (santrinews.com/istimewa)

Jakarta – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Peringatan Nuzulul Quran dengan mengusung tema “Ilmu adalah Cahaya”.

Kegiatan ini diisi dengan khataman Al-Quran bersama dan ceramah Agama, bertempat di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa, 11 April 2023.

Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut mengatakan, momentum turunnya Al-Quran menjadi masa diturunkannya ilmu pengetahuan kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini menjadi isyarat bagi umat Muhammad untuk terus melek terhadap informasi.

“Momen tersebut menjadi momen penting bagi sejarah peradaban Islam. Iqra atau yang berarti bacalah ini memiliki kandungan pesan yang sangat kuat tentang pentingnya membangun peradaban yang harus dimulai dengan membaca,” kata Eny.

Ia juga melanjutkan bahwa pesan Al-Quran agar membaca tidak semata-mata pada objek luasnya ketersediaan teks yang dituangkan dalam kitab suci dan buku-buku saja.

“Tetapi juga merupakan pesan kepada kita untuk mengoptimalkan kemampuan akal pikiran agar mampu menjadi seorang pembelajar dalam semua sendi kehidupan,” jelasnya.

Menurutnya, kemampuan membaca ini amat penting dimiliki agar dapat memilah informasi yang tepat. Terlebih, saat ini media sosial dipenuhi dengan ribuan informasi. Pemilahan informasi yang tepat, akan membawa banyak manfaat bagi kehidupan.

“Pembelajaran adalah yang mampu membaca fenomena untuk kemudian dianalisis dan diimplementasikan di dalam kehidupan nyata, sehingga bisa berguna bagi sekitar,” tuturnya.

Sementara, Ketua DWP Kemenag Farikhah Nizar Ali dalam laporannya menjelaskan bahwa peringatan Nuzulul Quran ini merupakan rangkaian giat Gebyar Ramadhan yang digelar DWP Kemenag di bulan suci ini.

“Tak hanya peringatan Nuzulul Quran, beberapa kegiatan juga sudah dilaksanakan seperti pemberian nasi kotak kepada masyarakat sekitar Kemenag,” jelasnya.

Hingga saat ini, total 4.833 nasi kotak sudah dibagikan. Selain itu, DWP Kemenag juga menggelar santunan anak yatim dan duafa, serta pembagian 2.417 paket sembako kepada yang membutuhkan. (kem/red)

Terkait

NASIONAL Lainnya

SantriNews Network