Arab Saudi Resmi Tutup Izin Visa bagi Jamaah Umrah

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menutup permohonan izin visa umrah mulai 4 Juni 2023 sebelum pelaksanaan haji 2023 (santrinews.com/istimewa)

Jakarta – Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah memutuskan batas waktu terakhir pengajuan izin umrah sebelum musim haji. Arab Saudi menutup permohonan izin visa umrah mulai 15 Dzulqa’dah 1444 H atau hari ini, Ahad 4 Juni 2023. Kebijakan tersebut disampaikan melalui akun Twitter Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Terkait dengan kebijakan ini, Direktur Bina Haji Kementerian Agama RI,  Arsad Hidayat mengatakan bahwa kebijakan tersebut sudah mulai diterapkan pada 3 Juni 2023. Kebijakan ini hanya untuk jamaah umrah bukan jamaah haji.

“Tanggal 18 Juni adalah batas terakhir jamaah umrah meninggalkan Arab Saudi ke negaranya masing-masing,” kata Arsad Hidayat, Ahad, 4 Juni 2023.

Arsad menambahkan, bahwa seiring dengan datangnya para jamaah haji ke Makkah maka kepadatan akan semakin tinggi. Dari jamaah yang ada ini, jamaah umrah yang masih di tanah suci akan berbaur dengan jamaah haji yang berdatangan.

Bagi umat Islam di Indonesia yang akan melaksanakan umrah ia menyarankan untuk benar-benar memperhitungkan waktu dan kesiapan mereka. Terlebih saat ini ia menilai bahwa biaya akomodasi seperti hotel dan lain-lain yang akan dikeluarkan bisa lebih tinggi. Hal ini seiring dengan tingginya hunian hotel di Kota Makkah.

“Terlebih beberapa negara sudah mulai mengirimkan jamaahnya ke Arab Saudi dan mereka harus patuh terhadap peraturan tanggal 18 sudah harus keluar meninggalkan Arab Saudi ke negaranya masing-masing,” imbaunya.

Berdasarkan data dari Kementerian Agama, sudah ada hampir 9 ribu jamaah yang sudah berada di Makkah. Jamaah haji dari Madinah sudah datang pada Jumat, 2 Juni 2023 dan langsung mengikuti shalat Jumat di Masjidil Haram.

Mereka melaksanakan umrah wajib di Makkah setelah sebelumnya melaksanakan ibadah sunnah Arbain di Masjid Nabawi. (nu/red)

Terkait

NASIONAL Lainnya

SantriNews Network