Mengenal Huruf Syiddah dan Rakhawah dalam Ilmu Tajwid

Syiddah dan Rakhawah (santrinews.com/redaksi)

Ilmu Tajwid merupakan salah satu ilmu yang sangat penting bagi setiap Muslim yang ingin membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Tajwid membantu kita dalam memahami aturan-aturan bacaan Al-Quran.

Di dalam ilmu tajwid, terdapat istilah yang tidak asing lagi kita kenal. Seperti idhar, gunnah, ikhfa’, idgam bilagunnah, dll. Namun, ada satu istilah yang jarang atau belum kita ketahui, yaitu huruf syiddah dan rakhawah.

Kata “tajwid” sendiri berasal dari kata Arab yang berarti “memperbaiki” atau “meluruskan”. Ilmu Tajwid membantu kita dalam melafalkan huruf-huruf Arab dengan benar, memberikan penekanan yang tepat, dan menjaga keindahan serta kesempurnaan dalam membaca Al-Quran.

Lalu, apa yang dimaksud dengan huruf syiddah dan rakhawah dan apa perbedaan keduanya?

Dalam video yang tayang di kanal NU Online, Gus Chabib Thowus Ainul Yaqin atau Gus Thowus memberikan ulasan tentang karakter huruf syiddah dan rakhawah yang terdapat dalam ilmu tajwid.

Huruf Syiddah merupakan karakter huruf ketika diucapkan karena kuatnya lisan berpusat pada makhrajnya, maka menyebabkan suara tertahan untuk keluar bersamaan dengan pengucapan huruf tersebut.

Untuk melacak dan mengetahui huruf syiddah dengan cara mematikan hurufnya. Semisal huruf dal, buang pantulan atau qalqalahnya dulu, sehingga dibaca menjadi ad.

Sehingga dari saking kuatnya lidah menempel ke langit-langit mulut, maka tercegah suara untuk keluar.

Untuk memahami lebih lanjut, kita bisa mengukurnya dengan karakter huruf rakhawah. Istilah ini kebalikan dari syiddah.

Rakhawah dipahami sebagai karakter huruf ketika diucapkan menjadikan lemahnya lidah bersandar pada pusat makhrajnya, maka suara bisa terus keluar bersamaan saat huruf diucapkan.

Semisal contoh, ketika mengucapkan huruf sin. Ketika hurufnya dimatikan maka dibaca menjadi as. Suara bisa terus keluar tanpa henti. Beda dengan ad. Suara menjadi tertahan.

Gampangnya, huruf syiddah ini suara tertahan. Sedangkan huruf rakhawah sebaliknya. Suara tidak tertahan. Perbedaanya terletak pada lidah berpusat pada makhrajnya.

Nah, itulah penjelasan tentang huruf syiddah dan rakhawah yang terkandung dalam ilmu tajwid. Semoga bermanfaat. (red)

Terkait

HALAQAH Lainnya

SantriNews Network