Ketahui 6 Penyebab Orang Malas untuk Shalat Tahajjud

Ilustrasi berdoa (santrinews.com/istimewa)

Shalat tahajjud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur. Shalat ini biasanya dilakukan di waktu sepertiga malam terakhir sebelum waktu shubuh dimulai. Ini adalah waktu yang sangat istimewa untuk beribadah karena umumnya orang lain sedang tidur, dan kita dapat berfokus sepenuhnya pada hubungan kita dengan sang pencipta. Shalat tahajjud sebagai wasilah atas segala hajat yang kita inginkan agar dikabulkan oleh Allah swt.

Adapun keutamaan shalat tahajjud antara lain seperti mencegah perbuatan maksiat, menghapus dosa-dosa, dan dapat menolak penyakit jasmani. Namun, tidak semua orang bisa melaksanakan shalat tahajjud, hanya orang-orang terpilih yang memiliki niat dan ikhtiar yang tinggi untuk mendapatkan anugerah dari Allah swt.

Sayyid Bakri Al-Makki dalam kitab Kifayatul Atqiya menjelaskan enam hal yang menjadi penyebab seseorang malas untuk mengerjakan shalat tahajjud. Pertama, mencintai dunia secara berlebihan sehingga lupa akan akhirat. Jika manusia hanya hidup untuk urusan dunia saja, maka ia akan malas untuk melakukan ibadah, terutama shalat tahajjud.

Kedua, manusia sibuk membicarakan dunia dan menggunakannya untuk bersenang-senang. Ketiga, terlalu banyak pekerjaan juga dapat menjadi penyebab seseorang malas untuk melakukan shalat tahajjud. Badan terasa lelah dan tidak bisa meluangkan waktu untuk bermunajat kepada Allah swt di malam hari.

Penyebab keempat yaitu terlalu banyak makan akan menyebabkan juga banyak minum. Hal ini akan mengakibatkan rasa kantuk dan akhirnya sulit untuk bangun malam.

Kelima, tidak istirahat di siang hari. Imam Ghazali pernah berkata bahwa tidak meninggalkan tidur di siang hari, karena hal itu disunnahkan untuk membantu melakukan shalat malam.

Selain itu, penyebab keenam orang malas shalat tahajjud yakni melakukan dosa di siang harinya. Sebagaimana perkataan Imam Ghazali bahwa tidak melakukan dosa di siang hari, karena hal itu dapat mengeraskan hati dan menjadi penghalang turunnya rahmat. Sehingga dosa yang diperbuat akan menjauhkan manusia dari ketaatan dan menjadi malas untuk melakukan ibadah, termasuk shalat tahajjud.

Itulah ulasan tentang penyebab mengapa orang malas untuk shalat tahajjud. Semoga kita menjadi hamba yang beriman dan diberikan keikhlasan untuk senantiasa istiqamah melaksanakan ibadah, terutama shalat tahajjud. (red)

Terkait

HALAQAH Lainnya

SantriNews Network