Ini Keutamaan dan Kedahsyatan Bulan Ramadhan

Ilustrasi muslim bersyukur lewat sujud atas karunia Allah di bulan ramadhan (santrinews.com/pexels)

Sebentar lagi seluruh umat muslim di seluruh dunia akan menjalani puasa ramadhan 2023/1444 H termasuk muslim di Indonesia. Ramadhan merupakan salah satu bulan yang sangat sepesial dalam Islam. Bahkan pada bulan penuh berkah ini seluruh muslim diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Sebagaimana Allah Swt memerintah dalam ayatNya:

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa (Ramadhan) sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu sekalian, supaya kamu sekalian menjadi bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Nabi Muhammad Saw menggambarkan betapa spesial Bulan Ramadhan bagi umat manusia seperti dijelaskan dalam hadits ini:

“Telah datang kepadamu bulan Ramadlan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia terhalang mendapat sesuatu yang besar.” (HR. Ahmad dan An-Nasa’i)

Pada bulan spesial ini, ada banyak berkah dan karunia Allah Swt yang diturunkan ke dunia. Namun tidak setiap muslim bisa merasakan dan menangkap karunia Allah Swt yang begitu besar di bulan penuh cinta ini.

Seperti hadits di atas yang mengatakan bahwa pada bulan ramadhan pintu-pintu surga terbuka. Bagaimana harumnya kasturi surga dan keindahan yang dipancarkan saat pintu surga terbuka, bisakah merasakan semerbak harumnya dan pantulan cahayanya? Tentu hadits dalam bentuk teks itu tidak cukup memvisualisasikan seluruh keindahan (karunia) yang diturunkan pada bulan ramadhan, kecuali bagi umatNya yang benar-benar dicintaiNya.

Betapa dahsyat karunia Yang Maha Cinta yang diturunkan pada bulan seribu bulan ini. Rasulullah pun samapai tidak bisa memberi memberi penjelasan lewat teks tentang keutamaan bulan ramadhan yang sangat dahsyat bagi setiap jiwa. 

“Andai kata umatku mengetahui keutamaan di dalam bulan Ramadhan, niscaya mereka akan mengharapkan sepanjang tahun menjadi bulan Ramadlan.”(HR. Ibnu Abi Dunya)

Rasulullah Saw sangat menganjurkan bagi umatnya untuk menjalani puasa ramadhan dengan kesungguhan dan tidak melewatkan dengan sia-sia. Anjuran itu seperti tertera dalam Hadits Qudsi berikut:

“Setiap amal yang dilakukan anak Adam adalah untuknya, ‘Kecuali puasa, itu untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya. (HR. Bukhari)

Sesungguhnya seluruh ibadah tidak lain adalah untuk mencintai-Nya lewat ketaatan dan ketundukan bagi Allah dan Rasul-Nya. Begitupun puasa ramadhan. Semata-mata untuk mendapat cinta dan karuniaNya, baik di dunia atau nanti di akhirat.

Puasa menjadi spesial lantaran barang siapa yang besungguh-sungguh hanya untuk Allah semata, maka seluruh dosanya dihapus, seperti yang Rasullullah Saw sabadakan di bawah ini:

“Barang siapa berpuasa Ramadhan karena percaya kepada Allah dan hanya mengharapkan (ridla) kepada Allah, maka akan diampuni semua dosa yang telah dilakukannya.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Seluruh uraian di atas dapat disimpulkan, Allah Swt menciptkan satu bulan yang sangat spesial di banding 11 bulan yang lain. Allah dan RasulNya juga hendak menegaskan bahwa setiap anak manusia selelu diberi kesempatan untuk memperbaiki diri pada waktu tertentu, dan bulan Ramadhan adalah waktu yang ditentukan untuk meningkatkan iman dan kecintaan bagi Allah sebelum ajal menjemput.

Semoga di bulan ramadhan 2023 seluruh sahabat Santrinews menjalani puasa dengan penuh kesenangan dan kecintaan bagi Allah Swt dan Nabi Muhammad Saw. (*)

Terkait

HALAQAH Lainnya

SantriNews Network