Gus Thowus Jelaskan Prediksi Datangnya Malam Lailatul Qadar

Gus Chabib Thowus Ainul Yaqin (santrinews.com/istimewa)

Gus Chabib Thowus Ainul Yaqin atau Gus Thowus memberikan ulasan terkait prediksi jatuhnya malam laitul qadar sebagaimana yang terdapat dalam kaidah Imam Al Ghazali.

“Ada kaidah menarik dari Imam Al Ghazali. Bahwa datangnya malam lailatul qadar bisa ditandai tergantung dari kapan puasa Ramadhan dimulai,” kata Gus Thowus sebagaimana dikutip dari kanal NU Online, Kamis, 13 April 2023.

Ia kemudian mencontohkan maksud dari permulaan puasa Ramadhan sebagai ukuran datangnya malam lailatul qadar. Pada tahun ini, kata dia, puasa Ramadhan dimulai pada hari Kamis, tepatnya tanggal 23 Maret 2023.

“Berarti menurut kaidah Imam Al Ghazali ini malam lailatul qadar bisa ditemukan pada tanggal 25 Ramadhan,” ujarnya.

Menurutnya, kaidah dari sang Hujjatul Islam ini bisa dijadikan acuan untuk melakukan ikhtiar agar berjumpa dengan malam lailatul qadar. Menariknya lagi, kata dia, kaidah tersebut mendapatkan testimoni dari salah satu tarekat sufi terkemuka di dunia, Syekh Abul Hasan As-Syadzili.

“Sejak aku baligh, dengan menggunakan kaidah dari Imam Al Ghazali ini, tidak pernah sekalipun terlewat dariku malam lailatul qadar,” ujar Gus Thowus mengutip perkataan Syekh Abul Hasan As-Syadzili.

Lebih lanjut, Pengasuh Ma’had Qiro’ah wa Tahfizh, Semarang, Jawa Tengah itu mengingatkan, Nabi Muhammad saw tidak pernah menyebutkan secara spesifik kapan malam lailatul qadar akan terjadi.

“Tapi setidaknya, berdasar pengalaman spiritual para ulama yang sering kali menemui malam lailatul qadar berkat mengacu pada kaidah tersebut, maka tidak ada salahnya kita coba kaidah ini,” jelasnya.

Namun demikian, ia juga mengingatkan, agar umat muslim tidak bermalas-malasan dan hanya fokus beribadah pada malam 25 Ramadhan saja.

“Sebaiknya kita tingkatkan ibadah dan ketakwaan kita selama sebulan penuh di bulan Ramadhan ini. Mudah-mudah kita semua mendapatkan anugerah dari Allah swt untuk bertemu malam lailatul qadar,” pungkasnya.

Sebagai tambahan, berdasarkan hadits dan riwayat yang ada, malam lailatul qadar diperkirakan jatuh pada salah satu malam ganjil di 10 terakhir bulan Ramadhan, seperti malam ke-21, ke-23, ke-25, ke-27, atau ke-29. (qi/red)

Terkait

HALAQAH Lainnya

SantriNews Network