8 Hal yang Menggugurkan Pahala Puasa Ramadhan

Perbanyak memabaca Quran saat bulan ramadhan dan makan kurma sebagai pembuka puasa untuk mengikuti sunnah Nabi Muhammad Saw (santrinews.com/pexels)

Puasa ramadhan adalah kewajiban bagi muslim yang tidak bisa ditawar. Seluruh muslim sebulan penuh akan menahan lapar dan haus. Semua itu butuh perjuangan dan kesabaran untuk meraih pahala besar yang dijanjikan Allah Swt.

Bulan ramadhan juga merupakan bulan spesial. Pada bulan ini segala bentuk ibadah muslim dilipat gandakan, itulah gambaran pahala besar yang diterangkan Rasullullah Saw, seperti hadits di bawah ini.

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu berkata, Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallalm bersabda:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

“Semua amal Bani Adam akan dilipat gandakan kebaikan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Azza Wa Jallah berfirman, ‘Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya.”

Sesuatu yang besar mafhum akan memiliki tantangan yang besar pula. Demikian dengan ibadah puasa ramadhan. Al-Habib Zein bin Ibrahim bin Smith, dalam Al-Taqrirat al- Sadidah halaman 448 menjelaskan, ada delapan tantangan yang mesti dihindari oleh seluruh muslim yang tengah berpuasa. Jika tantangan itu tidak terhindar, maka bisa berakibat gugurnya pahala puasa.

Berikut hal-hal yang bisa menggugurkan pahala puasa:

1. Menggunjing orang lain. Yakni menyebutkan sifat-sifat orang lain dengan sifat yang tidak disukainya meskipun sesuai fakta
2. Mengadu domba
3. Berkata dusta. Yakni memberi kabar tidak sesuai dengan kenyataan
4. Memandang sesuatu yang diharamkan
5. Memandang sesuatu yang diperbolehkan dengan pandangan syahwat
6. Sumpah palsu
7. Mengucapkan perkataan buruk
8. Melakukan perbuatan buruk.

Segala tantangan di atas merupakan representasi dari sifat buruk dan tercela. Di zaman serba internet ini, orang sangat mudah untuk melakukan hal yang menggugurkan pahala puasa. Misal mengunjing dan membicarakan keburukan orang lain. Bahkan fitnah dan hoax sangat marak bertebaran lalu lalang di ponsel kita.

Sahabat Santrinews, mari kita sekuat hati dan penuh kesabaran jalani puasa ramadhan 2023 dengan selalu muhasabah diri. Usahakan untuk terus menjaga kualitas puasa dari hal-hal yang menggugurkan pahala puasa ramadhan. (*)

Terkait

HALAQAH Lainnya

SantriNews Network