5 Wisata Religi di Sampang yang Terkenal

Makan Ratu Ibu, salah satu wisata religi di Sampang, Madura (santrinews.com/istimewa)

Sampang – Wisata religi di Sampang, Madura, Jawa Timur, wajib diketahi oleh para wisatawan yang hendak berziarah. Wisata regili dikenal sebagai tempat keramat, seperti asta, buju’, makam, pasarean, dan masjid.

Sampang sebagai salah satu kabupaten di Pulau Madura, memiliki sejumlah wisata religi bersejarah seperti kabupaten lainnya. Tak hanya itu, Sampang juga memiliki wisata alam, dan budaya.

Madura memang mashur dikenal dengan keriligiusannya. Tak ayal, jika Madura menyimpan banyak situs bersejarah seperti halnya wisata religi yang masih berdiri kokoh sampai sekarang. Berikut kami himpun beberapa wisata religi yang ada di Sampang, Madura.

Wisata Religi di Sampang Madura

1. Makam Ratu Ibu

Makam ini dikeramatkan sebagai tempat para raja-raja Pulau Garam, Madura yang melahirkan para pemimpin-pemimpin hebat hingga saat ini. Beberapa sumber menyebutkan, Komplek Makam Ratu Ibu dahulunya tempat pengangkatan Raja Praseno yang diangkat sebagai Raja Pertama di Pulau Madura, anak daru Ratu Ibu dengan Pangeran Tengah.

Sebelum masuk ke area pesarean Ratu ibu, pengunjung akan disambut bangunan bersejarah, yaitu Gapura Paduraksa. Lokasi ini berada di jalan Mangkubumi, Desa Polagan, Kecamatan Kota.

2. Buju’ Aji Gunung

Raden Qobul, nama asli Buju’ Aji Gunung. Ia dikenal memilki kemampuan keilmuan agama. Aji merupakan nama yang diambil dari kata ‘mengaji’.

Dulu, Raden Qobul memiliki banyak pengikut atau santri yang mengaji. Sehingga namanya mulai di dengar dan dikenal. Ketika wafat, diberi nama Buju’ Aji. Letak makam tersebut berada di Gunung Sekar.

Disebutkan juga, di area makam teresebut terdapat langgar, dan terdapat sumur yang dahulunya berdekatan dengah sebuah batu pusaka.

3. Masjid Madegan

Masjid Madegen merupakan masjid tertua di Kabupaten Sampang. Masjid ini berada dekat dengan lokasi Kraton Madegen, dibangun oleh Adipati Pramono.

Menurut kisah lisan masyarakat setempat, konon masjid ini dibangun dalam waktu semalam, dipimpin oleh seorang petapa dan bergotong royong dengan masyarakat. Lokasi masjid ini berada di kelurahan Polagan, Kecamatan Kota, Sampang.

4. Makam Raden Panji Laras

Di area makam Ratu Ebu ini pula kita akan mendapatkan prasasti alam bersejarah lainnya, yakni Tujuh Sumur yang biasa dikenal dengan sebutan Sumur Panji Laras.

Masyarakat setempat menyebutkan, air dari sumur tersebut dipercaya memiliki khasiat luar biasa bagi tubuh dan masa depan kehidupan seseorang.

Di tempat itu juga terdapat prasasti flora dan fauna. Lokasi Makam Raden Panji Laras ini berada di Kelurahan Polagan, Kecamatan Kota.

5. Pasarean Raden Abdul Jabbar

Raden Abdul Jabbar dikenal dengan sebutan Raja Barat Pulau Madura. Ia dikenal memilliki ilmu agama yang tinggi, sehingga bisa menguasai wilayah tersebut tepatnya pada masa Cakraningrat II.

Di area makam tersebut, juga terdapat tempat makam raja lainnya salah satunya adalah Raja Tapa, bersebelahan dengan buju’ Napo Sampang. (red)

Terkait

Destinasi Lainnya

SantriNews Network