Tiga Kabupaten di Madura Raih Penghargaan UHC

Pembawa acara penghargaan UHC (Santrinews.com/sstube)

Madura – Tiga Kabupaten di Madura, Sumenep, Pamekasan dan Sampang memperoleh penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia (RI). Bertempat di Balai Sudirman Jakarta, pada Selasa 14 Maret 2023.

Penghargaan UHC ini diberikan langsung oleh Wapres KH Ma’ruf Amin didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional,

UHC merupakan program turunan dari program JKN-KIS untuk mewujudkan kesehatan masyarakat terlindungi dan terjamin. Kata Kiai Ma’ruf, hal itu sesuai dengan instruksi presiden (Inpres) Nomor 1 tahun 2022, salah satu instruksi Presiden kepada Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia adalah mendorong target RPJM, dengan menargetkan 98%  kesehatan penduduk Indonesia terlindungi melalui Program JKN-KIS pada tahun 2024.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan, pihaknya telah bekerja keras melakukan berbagai advokasi kepada Pemerintah Daerah agar seluruh penduduk di masing-masing wilayah dapat diintegrasikan dengan Program JKN-KIS melalui layanan UHC.

“Kami mendorong Kementerian dan Pemda terkait dalam hal memenuhan sarana dan prasarana di daerah agar mutu layanan kesehatan dapat dirasakan sama,” ujar Ghufron.

Tiga kabupaten yang ada di Madura itu diketahui telah menerapkan program UHC sejak 7 Januari 2023. Mereka telah melaksanakan dengan baik program dari pusat itu.

Sumenep, Pamekasan dan Sampang ketiganya diwakili langsung oleh masing-masing kepala daerahnya saat menerima penghargaan UHC. Yakni secara berurutan, Bupati Achmad Fauzi, Bupati Baddrut Tamam dan Bupati H Junaidi. (red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network