STITA Sumenep Resmi Launching Rumah Jurnal

Launching Rumah Jurnal STIT Aqidah Usymuni Sumenep (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni (STITA) Sumenep menggelar kegiatan Launching Rumah Jurnal, dan diresmikan langsung oleh ketua institusi setempat, Ahmad Effendi.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Meningkatkan Sumber Daya Pengelola Menuju Jurnal Internasional Bereputasi”, bertempat di Auditorium STITA, Ahad, 19 Februari 2023.

Usai launching, kemudian dilanjutkan sesi diskusi yang diisi oleh dua narasumber, yaitu Eko Ari Widodo dan Moh. Syafik pengelola Rumah Jurnal IAIN Madura.

Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) STIT Aqidah Usymuni Sumenep Misnatun mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan kualitas jurnal, baik dari segi tata kelola maupun substansi.

‘’Bulan April mendatang, LPPM akan melakukan reakreditasi Jurnal Tafhim Al-‘Ilmi. Jadi kegiatan ini sangat penting dilakukan dalam rangka upgrading peringkat akreditasi jurnal,” kata Misnatun.

Tafhim Al-‘Ilmi sendiri merupakan jurnal utama yang diterbitkan LPPM. Saat ini peringkat lima di SINTA, “Semoga nanti minimal bisa naik ke peringkat tiga,” kata Misnatun yang juga dosen STITA itu.

Selain itu, Misnatun juga berharap, melalui kegiatan tersebut dosen-dosen STITA lebih produktif dan mampu meningkatkan kualitas penelitian.

“Sehingga bisa terbit di jurnal nasional maupun internasional,” harapnya.

Alumni PMII ini menegaskan, saat ini terbit tiga jurnal baru dari setiap program studi, yakni JIL: Journal Islamic Education Learning yang akan dikelola Prodi PAI di bawah pimpinan Fathorohman dan Moh. Zainol Kamal.

Ada jurnal The Prime; Islamic Elementary School Journal milik Prodi PGMI yang pengelolaannya di bawah Kepala Prodi PGMI Shulhan, dan Lughatul Qur’an; Jurnal Pendidikan Bahasa Arab milik Prodi PBA dikelola oleh Moh. Anwar.

“Tiga jurnal tersebut berada di bawah naungan LPPM,” pungkasnya. (red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network