SDIT Al-Faizin Sampang Sukses Gelar Khatmil Quran dan Imtihan Tartil Tahfidz

SDIT Al-Faizin Sampang melaksanakan Khamil Quran dan Imtihan Tartil Tahfidz (santrinews.com/istimewa)

Sampang – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Faizin, Sampang, Madura kembali menggelar khatmil quran dan imtihan tartil tahfidz juz 1, 2, 29 hingga 30 dengan metode ummi, yang merupakan salah satu rentetan kegiatan rutin yang diadakan setiap satu tahun sekali.

Acara berlangsung di halaman sekolah setempat dengan dihadiri ribuan wali murid peserta, Selasa, 20 Juni 2023.

Kepala Sekolah SDIT Al-Faizin Latifatun Nahdliyah dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa acara tersebut merupakan awal dari beberapa kegiatan dan menjadi hal spesial di tahun ini karena adanya peningkatan prestasi siswa-siswi penghafal Al-Quran.

“Di tahun ini, menjadikan tahun spesial dengan meningkatkan kuantitas siswa-siswi penghafal Al-Quran, dimana pada tahun 2022 sebanyak 32 anak dan tahun ini mencapai 54 anak penghafal Al-Quran. Dengan meningkatkan kuantitas juga kualitas bacaan Al-Quran anak,” kata Latifatun Nahdliyah.

Ia juga berpesan kepada khatimin dan khatimat untuk senantiasa menjaga hafalan dan bacaan Al-Quran, dan memberikan yang terbaik untuk agama, keluarga, dan negara.

“Serta tetap menjaga nama baik dengan berkontribusi untuk menjaga keilmuannya di sekolah maupun di luar sekolah,” tegasnya.

Sementara, Ketua Yayasan SDIT Al-Faizin Hafiduddin Basyir menyampaikan bahwa tujuan menghafal Al-Quran bukan untuk eksistensi sebagai tahfidz, namun dapat mengamalkan kandungan dalam Al-Quran.

“Al-Quran merupakan rahmatan lil’alamin. Al-Quran bukan hanya sebagai rahmat, bukan hanya sebagai tendensi hukum namun sebagai pedoman kehidupan sehari-hari untuk memperkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt,” katanya.

Ketua Ummi Kabupaten Sampang Syainul Hasan juga berpesan kepada peserta khatmil quran dan imtihan untuk istiqamah. Pihaknya juga mengapresiasi terhadap keberhasilan dalam progresifitas sekolah SDIT Al-Faizin.

“Kepada anak-anakku untuk selalu menjaga hafalannya, dan prestasi yang luar biasa kepada sekolah SDIT Al-Faizin telah ada kemajuan dari pada sebelumnya. Hal ini terwujud karena adanya perjuangan dari guru, pihak sekolah juga orang tua di rumah,” tandas Syainul Hasan. (red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network