Sampang Festival Ramadhan, Berdayakan UMKM Tetap Eksis

Sekdakab Sampang H Yuliadi Setiyawan saat menyampaikan sambutan (santrinews.com/istimewa)

Sampang – Sekretaris Daerah H Yuliadi Setiyawan membuka kegiatan “Sampang Festival Ramadhan” yang merupakan bazar kuliner dan takjil di Jalan Wijaya Kusuma Alun-Alun Trunojoyo, Kamis, 23 Maret 2024.

“Saya sampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh pihak yang bekerja sama dalam penyelenggaraan Sampang Ramadhan Festival,” kata Sekda.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan pemberdayaan terhadap usaha mikro kecil menengah, sehingga masyarakat yang memiliki usaha di bidang makanan dan minuman dapat terbantu.

“Momentum Bulan Ramadhan dapat menjadi salah satu saluran yang potensial untuk menggairahkan jiwa kewirausahaan masyarakat, mereka perlu difasilitasi agar tetap eksis,” jelasnya.

Perlu disadari juga, sambung dia, setiap bulan Ramadhan tingkat konsumsi masyarakat justru semakin meningkat untuk konsumsi makanan hidangan berbuka dan sahur.

“Momen ini merupakan peluang yang bisa kita manfaatkan dengan mendorong sektor UMKM lebih gencar memasarkan produknya,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksanaan Hendriyanto mengatakan bahwa Sampang Festival Ramadhan merupakan kegiatan kolaborasi dari beberapa unsur sebagai wujud meningkatkan perekonomian masyarakat utamanya di tengah bulan Ramadhan.

“Sampang Festival Ramadhan sukses terselenggara hasil kolaborasi Jawa Pos Radar Madura, Sampang Kreatif, Paguyuban PKL Sang Engon dan Santap Buana Abadi termasuk OPD terkait,” ujarnya.

Kegiatan yang akan dilaksanakan hingga 16 April 2023 atau 25 Ramadan 1444 Hijiriah juga sebagai bentuk wujud antusiasme menyambut dan menyemarakkan bulan suci Ramadhan.

Adapun peserta yang terlibat sebanyak 70 pedagang kaki lima (PKL) dan ditambah 64 orang PKL yang rutin berjualan di Jalan Wijaya Kusuma sehingga total keseluruhan 134 PKL.

Uniknya, para PKL yang telah terdaftar sebagai peserta dibekali akun QRIS sehingga menerima pembayaran non tunai.

“Kami berusaha melakukan pendampingan kepada PKL untuk mengikuti jaman digital, bagi masyarakat yang lupa tidak membawa dompet juga bisa melakukan pembayaran non tunai melalui akun QRIS,” tandasnya. (kab/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network