Polres Sumenep Terjunkan 350 Personil, Amankan Arus Mudik Lebaran Idul Fitri

Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Kepolisian Resor (Polres) Sumenep, Madura, menerjunkan sebanyak 350 personil gabungan dalam rangka melakukan pengamanan pada musim mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1444 H melalui Operasi Ketupat Semeru 2023.

Ke 350 personel itu merupakan gabungan dari Polri, TNI, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Saja Bhayangkara dan petugas lainnya yang terlibat dalam operasi kemanusiaan ketupat semeru 2023,” kata Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko, Senin, 17 April 2023.

Edo menjelaskan, ke 350 personil terdiri dari 180 personel Polres Sumenep, 40 personel dari TNI, dan sisanya dari Damkar, Dinkes, Saka Bhayangkara, dan stakeholder lainnya yang terlibat dalam kegiatan Operasi Kemanusiaan Ketupat Semeru 2023.

“Operasi terpusat dengan sandi Ketupat Semeru 2023 ini akan berlangsung selama 14 hari sejak 18 April sampai dengan 01 Mei 2023,” jelas Edo.

Kapolres juga mengungkapkan, dalam kegiatan Operasi Ketupat Semeru ini, pihaknya membangun 4 pos pengamanan dan pos pelayanan terpadu.

“Untuk pos pengamanan terpadu ditempatkan di Terminal Arya Wiraraja, kemudian di jalur masuk Kabupaten Sumenep tepatnya di Kecamatan Pragaan dan Pelabuhan Kalianget. Sedangkan pos pelayanan terpadu hanya dipusatkan di Taman Potre Koneng (Taman Bunga), di depan Masjid Jamik Sumenep,” katanya.

Selain itu, Polres juga membangun 17 pos pantau di tempat wisata yang ada di Kabupaten Sumenep.

Lebih lanjut, Edo mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran agar mengecek kembali keadaan rumah.

“Sebelum meninggalkan rumah ditinjau kembali dan memastikan semuanya dalam keadaan aman, dan listrik dalam keadaan tidak tercolok di instalasi listriknya,” pesannya.

Selanjutnya untuk keamanan di perumahan dan rumah yang ditinggalkan mudik akan dilakukan patroli di jam-jam rawan.

“Bahkan, di jalur tikus kami menginstruksikan kepada semua jajaran Polsek untuk melakukan pemantauan dan pengamanan,” pungkasnya. (red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network