Hukum

PMII Nilai Sumenep Krisis Supremasi Hukum, Kasus Korupsi Mangkrak

Massa Aksi PMII Sumenep di depan Kantor Mapolres Sumenep (santrinews.com/mahrus)

Sumenep – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menilai Sumenep sedang krisis supremasi hukum.

Hal ini yang menjadi dasar PMII Cabang Sumenep melakukan aksi demontrasi di depan Kantor Polres Sumenep, Jumat, 27 Januari 2022.

PMII Sumenep menilai ada berapa kasus yang mangkrak yang hingga saat ini belum ada kepastian hukum diantaranya, Gedung Dinkes, KIHT, dan pungli pasar Ganding.

Kordinator Aksi Dimas Wahyu Abdillah mengatakan, pihaknya menagih janji Polres Sumenep soal berapa kasus yang mangkrak.

“Tahun 2022 Kapolres Sumenep berjanji akan menuntaskan seluruh kasus yang mangkrak salah satunya seperti Gedung Dinkes, KIH dan Pungli pasar Ganding dan pencemaran nama baik PMII,” kata Dimas Wahyu Abdillah.

Oleh sebab itu, kata Wahyu, mengatakan, Sumenep saat ini lagi krisis supremasi hukum seakan-akan polres Sumenep dinilai tebang pilih dalam penegakan hukum.

“Tapi kasus-kasus yang berkaitan dan berhubungan dengan pejabat dan birokrat ini cendrung di pendam,” tegasnya.

PMII Sumenep kecewa dengan janji Kapolres Sumenep belum ditepati terhadap berapa kasus tahun 2022. “Tetapi kasus-kasus itu masih belum ada perkembangan hingga saat ini,” tegasnya.

Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kantriko mengatakan bahwa dirinya sudah menyelesaikan satu persoalan kasus korupsi.

“Ini membuktikan bahwasanya kami menyelesaikan dari 2 kasus 100 persen dan yang satu 50 persen paling tidak, karena memang ini progres dan harus progres setiap saat,” ujarnya

Soal kendala kasus Gedung Dinkes hingga saat ini masih belum ada titik terang AKBP Edo Satya Kentriko, menjelaskan, pihaknya saat ini lagi sinkronisasi dengan Kejari.

“Saya dengan bapak Kajari langsung gelar ekspose ini tetap progres ya tetapi ada unsur pemenuhan terutama pemenuhan unsur melawan hukum yang harus lebih di dalami lagi,” pungkasnya.(rus)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network