Pengurus DMI Sampang Dikukuhkan, Bupati Ajak Tingkatkan Kualitas Masjid

Pengukuhan Pengurus Ranting DMI se-Kabupaten Sampang (santrinews.com/istimewa)

Sampang – Bupati Sampang H Slamet Junaidi mengajak seluruh Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) di wilayah untuk bersinergi dengan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas masjid. Utamanya dalam konteks syiar dan dakwah Islam.

Ajakan itu disampaikan Bupati usai mengukuhkan Pengurus Ranting DMI se-Kabupaten Sampang di Pendapa Trunojoyo, Selasa, 2 Mei 2023.

“Saya harap DMI bisa bersinergi dengan Pemkab Sampang dalam konteks mewujudkan harmonisasi kehidupan sosial masyarakat di kabupaten sampang melalui optimalisasi fungsi dan peran masjid,” kata Bupati.

Ia juga mengajak DMI Sampang untuk terus berkhidmat menjadikan masjid sebagai titik awal kemajuan umat Islam di Sampang.

Disisi lain, Bupati juga mengajak seluruh anggota DMI Sampang untuk bersinergi memakmurkan fungsi masjid-masjid di wilayah itu. Menjadikan masjid bukan sekedar tempat ibadah, namun juga sebagai pusat aktivitas yang bermanfaat bagi umat.

“Paradigma kita tidak boleh memandang masjid sebagai rumah ibadah saja, tetapi harus menjadikannya sebagai pusat dakwah ajaran islam yang sejuk dan moderat, pusat pengkajian keilmuan, pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan umat, juga program keumatan lainnya,“ jelasnya.

Dalam pengukuhan itu, turut hadir Sekretaris Daerah Sampang H Yuliadi Setiyawan, Forkopimda, Kemenag, DMI Provinsi Jawa Timur, Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia Sampang, MUI dan PCNU Sampang.

Sementara, Sekretaris DMI Provinsi Jawa Timur H Suhadi mengungkapkan pentingnya memaksimalkan potensi lintas generasi, baik muda maupun usia lanjut untuk bekerjasama memaksimalkan kualitas masjid di Kabupaten Sampang dengan memperkuat kemitraan bersama pemerintah.

“Kita bangun komunikasi sebaik-baiknya, jika mengalami kebuntuan, komunikasikan kepada pengurus DMI dan kepada Bupati serta Wakil Bupati sebagai pembina kita. Kita jaga jalinan silaturrahmi dan komunikasi kita,” ungkapnya. (kab/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network