Pemkab Sumenep Siap Distribusi BCP Atasi Krisis Pangan di Masalembu

Bupati Sumenep Achmad Fauzi (santrinews.com/rifqi)

Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep begerak cepat untuk mengatasi krisis bahan pangan yang menimpa wilayah pulau Masalembu.

Hal itu terbukti, BPBD Kabupaten Sumenep mengirimkan surat untuk Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terkait penanganan kelangkaan bahan pangan tersebut.

Dalam suratnya, Pemkab Sumenep meminta penggunaan beras cadangan provinsi (BCP) untuk didistribusikan ke Masalembu.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi memastikan dapat membantu masyarakat Pulau Masalembu yang mengalami kelangkaan bahan pangan akibat cuaca ekstrem.

“Hari ini (28 Februari) BPBD Kabupaten Sumenep berkirim surat ke Gubernur Jatim, meminta penggunaan BCP untuk 9.410 kepala keluarga di Masalembu,” kata Achmad Fauzi dalam keterangan tertulis, Selasa, 28 Februari 2023.

Seiringi dengan hal tersebut, Fauzi juga telah berkoordinasi dengan Kodim 0827 Sumenep perihal penyaluran bantuan bagi masyarakat Masalembu.

Kodim Sumenep akan ikut membantu dalam penyaluran bantuan. Kodim Sumenep juga berkoordinasi dengan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf.

“Kodim Sumenep ikut membantu pemerintah kabupaten untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat Masalembu yang terdampak cuaca ekstrem,” ungkap Fauzi.

Fauzi menyampaikan pendistribusian logistik untuk mengatasi kelangkaan bahan pangan di Masalembu akan menggunakan armada dari TNI Angkatan Laut (AL).

Ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan BPBD Provinsi Jawa Timur, juga Koarmada II. Namun, pendistribusian masih harus menunggu instruksi dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

“Kami sudah koordinasi dengan BPBD Jatim dan Dinas Sosial provinsi. Kami sepenuhnya siap (pendistribusian logistik), tinggal menunggu gubernur. Karena Pulau Masalembu dekat ke Kalimantan,” pungkas Fauzi. (dtk/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network