Pagar Nusa Pamekasan Gelar UKT, Siapkan Pendekar NU Masa Depan

Pelaksanaan UKT oleh PC PSNU Pagar Nusa Pamekasan, Madura (santrinews.com/istimewa)

Pamekasan – Pimpinan Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PC PSNU) Pagar Nusa Pamekasan mengadakan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT). Kegiatan diikuti 55 peserta dari berbagai Rayon di wilayah itu.

Ketua PC PSNU Pagar Nusa Pamekasan M Khoiri menyampaikan, kegiatan ini bertujuan menyiapkan calon pemimpin NU. Pendekar Pagar Nusa harus siap menghadapi masa depan.

“Pagarnya NU dan bangsa harus dilatih lahir dan batin, kemampuan fisik dan mental, ketangguhan dan ketangkasan tiada lain dan tiada bukan guna masa depan NU dan bangsa,” kata Khoiri.

Pembukaan UKT berlangsung di halaman kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan, Jl. R. Abd. Aziz, No. 95, Sabtu, 18 Maret 2023.

Sementara, guru besar PSNU Pagar Nusa Pamekasan Hadiriyanto menyampaikan, kegiatan tersebut dalam rangka memupuk nasionalisme dan militansi para santri Pagar Nusa.

“Jiwa nasionalis tidak boleh terlepas dari pendekar NU. Jika tidak, maka tidak ada gunanya berlelah dan berletih mempelajari ilmu dan jurus silat Pagar Nusa,” katanya.

Ia berharap, PC PSNU Pagar Nusa membumi di kabupaten berjargon gerbang salam ini, sehingga melahirkan ribuan pendekar yang siap mengabdi kepada para ulama NU.

“Harapan saya Pamekasan mempunyai ribuan pendekar sehingga Pagar Nusa benar-benar membumi di pesantren, sekolah, madrasah maupun di masyarakat, karena Pagar Nusa tidak mempunyai tingkatan umur. Bebas. Mengabdi di NU dengan ngamri (mengharap, Red) barakah kiai, nggih jadi pendekar Pagar Nusa,” tegasnya.

Pelaksanaan UKT kali ini diikuti oleh peserta dari berbagai tingkatan strip sabuk. Di antaranya putih, kuning, merah, dan coklat. Strip ini dibagi sesuai tingkatan kemampuan fisik, mental, jurus dan pengetahuan santri Pagar Nusa. (nu/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network