Mutasi Jabatan, Ketua DPRD Sumenep: Harus Memiliki Keahlian dan Etos kerja

Ketua DPRD Sumenep KH Abdul Hamid Ali Munir (santrinews.com/redaksi)

Sumenep – Ketua DPRD Kabupaten Sumenep KH Abdul Hamid Ali Munir mengatakan, mutasi jabatan itu merupakan hak prerogatif bupati. Untuk itu, dalam mutasi jabatan perlu diisi orang yang memiliki keahlian dan etos kerja serta disipilin yang tinggi.

“Harapan saya benar-benar yang mempunyai kemampuan etos kerja dan disiplin yang tinggi,” kata Kiai Hamid sapaan akrabnya, Rabu, 24 Mei 2023.

“Tentu mutasi jabatan dan penempatan itu hak Bupati jadi tentunya akan melakukan itu sesuai dengan kebutuhan dan profesionalismenya,” ujarnya.

Politisi PKB ini juga menekankan bahwa para OPD nantinya juga harus memiliki integritas dan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tentu orang memiliki tanggung jawab dan etos yang tinggi disipilin tinggi yang nantinya benar-benar memberikan motivasi dan terobosan dalam rangka untuk mencapai apa yang menjadi target pemerintah daerah yang tertuang dalam RPJMD,” tambahnya.

Sementara, Bupati Sumenep Achmad Fauzi menjelaskan bahwa hasil evaluasi terhadap kinerja OPD dalam waktu dekat akan segara turun.

“Hasil evaluasi dalam waktu dekat begitu turun dari KASN persetujuannya insyallah kita mutasi lebih cepat,” kat Achmad Fauzi, Selasa, 23 Mei 2023.

Adapun hasil asesmen dari 21 orang yang telah mengikuti uji kompetensi, hasilnya sangat baik. “Yang pasti kepala dinas kita cerdas-cerdas,” ujarnya.

Menurut Bupati, mutasi jabatan sebagai salah satu cara untuk untuk penyegaran jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Misalnya, ada yang sudah lima tahun menjabat di salah satu OPD. “Dari itulah mereka perlu tempat baru untuk berbuat inovasi tanpa kejenuhan. Ini perlu kita lakukan,” jelasnya.

Tujuannya, kata Bupati, menciptakan OPD yang mampu saling bersinergi antar pimpinan pemerintahan di Sumenep supaya solid dalam melaksanakan visi dan misinya. (rus/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network