Pesantren

Mahasiswa Unair Bekali Santri Anti Bullying di Pesantren Mathlabul Ulum Jambu

Mahasiswa dan Alumni Unair foto bareng bersama santri peserta Sosialisasi anti Bullying (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Mahasiswa KKN BBK-67 Universitas Airlangga menggelar Psikoedukasi Anti Bullying bagi santri, di Pesantren Mathlabul Ulum Jambu Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep, Senin 30 Januari 2023.

Kegiatan itu judu didukung oleh Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Cabang Sumenep. Mereka memberikan edukasi tentang kasus perundungan (bullying) yang makin marak di lembaga pendidikan.

Kasus bullying bukan hanya terjadi di lembaga pendidikan umum, namun juga terjadi di lembaga pendidikan berbasis keagamaan seperti pesantren.

Kegiatan sosialisasi diisi narasumber Dr Zamzami Sabiq. Ia menjelaskan bahwa pemahaman dan efek bullying sangat penting untuk dipahami.

“Psikoedukasi tentang bullying ini sangat penting bagi para santri, agar mereka bisa lebih memahami dampak buruk bullying serta bagaimana cara mencegahnya,” jelas Ketua IKA Unair Cabang Sumenep ini.

Ia menegaskan, pemahaman anti bullying bagi santri akan menciptakan lingkungan pesantren yang lebih nyaman dan tentram bagi seluruh penghuni pesantren. Terutama bagi santri baru. Lingkungan positif itu meliputi lingkungan saling menghargai, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan psikologis santri.

“Jika kesejahteraan psikologis santri terpenuhi, tentu santri akan nyaman belajar dan betah tinggal di pesantren,” pungkasnya.

Ketua Kelompok KKN BBK 67 Universitas Airlangga Aldike Eka Mahendra menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program pemberdayaan peningkatan kualitas santri di pesantren.

“Acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran santri akan bahaya bullying yang biasanya sering terjadi pada usia remaja. Harapannya kegiatan ini bisa berdampak dan berkelanjutan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Pengasuh Pesantren Mathlabul Ulum Jambu Dr KH Imam Hodri mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh IKA Unair Sumenep dan mahasiswa KKN Unair.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Saya berharap semua santri mengikuti dengan penuh semangat. Saya ucapkan terima kasih untuk IKA Unair Sumenep dan adik-adik KKN Universitas Airlangga,” tutur Kiai Imam Hodri. (ari)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network