Mahasiswa IAIN Madura Sukses Gelar KMQ VI

KMQ VI (santrinews.com/istimewa)

PAMEKASAN, SantriNews Madura — Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (HMPS IQT) sukses gelar kaderisasi mahasiswa Ilmu Al-Quran dan Tafsir (KMQ) VI.

Kegiatan ini diikuti 45 peserta dan berlangsung selama empat hari, 12-15 Juni 2023 di Yayasan Al-Falah, Desa Branta Tinggi, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan.

Ketua HMPS IQT Mohammad Ismail Saputra mengatakan tujuan kegiatan yang digelarnya bertujuan meningkatkan integritas dan intelektualitas mahasiswa Ilmu Al-Quran dan Tafsir serta mahasiswa Ilmu Hadits.

“Kaderisasi mahasiswa ilmu Al-Quran dan Tafsir ke VI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dikarenakan jika tahun sebelumnya hanya dikuti oleh satu program studi, berbeda dengan tahun sekarang diikuti oleh dua program studi yaitu Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir dan Program Studi Ilmu Hadits. Tujuannya untuk meningkatkan integritas, intelektual terhadap mahasiswa dan juga meningkatkan emosional antar mahasiswa IQT, pun juga untuk Mempererat konsolidasi sesama mahasiswa IQT di tingkat kampus,” kata Mohammad Ismail Saputra.

Menurut Ismail, guna menjunjung tinggi program studi ilmu Al-Quran dan Tafsir serta program studi ilmu hadits, selain bisa dikenal di tingkat internal juga nantinya bisa dapat dikenal di tingkat nasional ataupun internasional.

Sementara, ketua panitia KMQ VI Marlawi menyampaikan, kegiatan ini juga bertujuan menciptakan generasi shalih dan mushlih.

“Tujuannya untuk mengingatkan kepada mereka bagaimana peran Al-Quran dan hadits, karena selaras dengan tema yaitu ‘Revitalisasi Al-Qur’an dan Hadis dalam Mencetak Generasi Sholih dan Muslih’ supaya nantinya mereka sadar tentang peran dan fungsi Al-Quran dan hadits untuk menciptakan generasi shalih dah mushlih,” tuturnya. (red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network