KH Ghozi Mubarok: Bulan Puasa Mengajarkan Arti Kebersamaan

Silaturrahim dan buka puasa bersama IKBAL Sumenep (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep KH Ghozi Mubarok mengingatkan pentingnya menjaga silaturahim keluarga besar alumni ponpes setempat.

Hal itu disampaikan Kiai Ghozi Mubarok dalam acara silaturrahim, dan buka puasa bersama yang digelar oleh Ikatan Keluarga Besar Al-Amien Prenduan (IKBAL) daerah Sumenep, bertempat di Gedung Korpri, Ahad, 9 April 2023.

Kiai muda ini mengatakan, bulan Ramadhan mengajarkan manusia agar memiliki sikap kekeluargaan dan kebersamaan.

“Ramadhan ini mengajarkan tentang silaturahim. Sehingga di bulan ini adalah saatnya kita bersama saling bahu membahu menyelesaikan persoalan yang ada di sekitar kita,” kata KH Ghozi Mubarok, Senin, 10 April 2023.

Kiai Ghozi juga mengatakan, pada bulan suci Ramadhan ini pahala dilipat gandakan karena dilakukan secara bersama-sama.

“Di bulan Ramadhan ini kita tahu bahwa kita diajari untuk memiliki dan menghayati nilai-nilai kekeluargaan, nilai-nilai kebersamaan,” ucapnya.

Lebih lanjut, kata Kiai Ghozi, pada saat puasa baik orang miskin atau kaya sama-sama tidak makan. Maka hal demikian itu mengajarkan untuk merasakan sesuatu secara bersama-sama pula.

“Semua tanpa terkecuali merasakan kondisi yang sama, dan di situlah kita diajari nilai-nilai kebersamaan,” tegasnya lagi.

Selain itu, KH Ghozi Mubarok mengucapkan selamat kepada seluruh IKBAL Sumenep yang telah sukses menggelar silaturahim dan buka puasa bersama bersama.

“Semoga yang telah dilakukan oleh panitia dan pengurus IKBAL menjadi amal baik,” pungkasnya. (rus)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network