Kemenag akan Gelar Gebyar Nuzulul Quran, Bakal Tampilkan 7 Mushaf Fenomenal

Gebyar Nuzulul Quran (santrinews.com/istimewa)

Jakarta – Kementerian Agama akan menggelar Gebyar Nuzulul Quran pada 10-14 April 2023 mendatang. Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum.

Kegiatan yang akan berlangsung di Lobby Gedung Kantor Pusat Kementerian Agama ini akan menampilkan mushaf fenomenal.

“Dalam Gebyar Nuzulul Qur’an ini, kita akan menampilkan tujuh mushaf fenomenal yang saat ini menjadi koleksi Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal Kemenag,” kata Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kemenag Abdul Aziz Sidqi, Sabtu, 8 April 2023.

Adapun tujuh mushaf fenomenal tersebut meliputi mushaf tertua yaitu Mushaf Usman bin Affan (replika), mushaf terindah yaitu Mushaf Istiqlal, mushaf terkecil yaitu Mushaf Istanbul, dan mushaf terbanyak dicetak yakni Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani.

Selain itu, akan dipamerkan juga mushaf braille yang diperuntukkan bagi tunanetra dan mushaf isyarat yang biasa digunakan oleh teman tuli.

“Terakhir, ada juga mushaf kuno-kunoan. Ini yang dimaksud yaitu mushaf kuno palsu atau mushaf yang dibuat seolah-olah kuno,” jelas Abdul Aziz.

Mushaf ini, sambung dia, kerap dibuat untuk menipu masyarakat demi keuntungan materi. Dipamerkan sebagai edukasi agar masyarakat tidak mudah tertipu bila ditunjukkan mushaf yang diklaim “kuno”.

Abdul Aziz menjelaskan, Gebyar Nuzulul Quran ini dimaksudkan sebagai sarana syiar dan edukasi bagi masyarakat.

“Dalam kesempatan ini masyarakat juga dapat memperoleh informasi berbagai produk hasil kajian Al-Quran yang dimiliki Kemenag,” ujar Abdul Aziz.

Selain pameran produk, dalam Gebyar Nuzulul Quran juga akan dibuka Konsultasi Layanan Tashih Al-Qur’an, pameran Kaligrafi Batik, dan Aneka lomba Qur’ani Expose.

“Rencananya Penasihat DWP Kemenag Ibu Eny Retno Yaqut akan hadir membuka kegiatan Gebyar Nuzulul Qur’an serta menyerahkan hadiah secara simbolis kepada pemenang Lomba Membaca Mushaf Braille dan Membaca Al-Qur’an Isyarat,” tandas Abdul Aziz. (kem/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network