Pemilu 2024

Keluarga Raja-Raja Madura Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

Keluarga besar raja-raja Pamekasan usai deklarasi foto bersama (santrinews.com/antara)

PAMEKASAN, SantriNews Madura — Keluarga besar keturunan raja-raja Pemekasan dan Bangkalan Madura, Jawa Timur mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo maju calon Presiden (Pilpres) 2024. Mereka tergabung dalam Forum Masyarakat Adat Madura.

Mereka menganggap, Ganjar pantas didukung lantaran dinial sebagai sosok yang pantas untuk memimpin Indonesia menuju kejayaan dan menjadi negara adidiya. Semisal seperti kerjaan Majapahit atau Sriwijaya.

Putra Mahkota Kraton Pamelingan, Pamekasan Raden Panji Mohammad Rahmatullah Alaih Condro Adikoro menjelaskan, keluarga raja-raja Pamekasan memutuskan dukungan untuk Ganjar setelah mengetahui sosok dan kepribadian Gubernur Jawa Tengah itu.

“Yang terpenting yang kami harapkan kalau Pak Ganjar terpilih, agar memperhatikan pelestarian budaya dan adat istiadat yang ada di sini,” katanya dalam keterangan pers tertulis, diterima Jumat 10 Maret 2023 di Pamekasan.

“Pak Ganjar Pranowo di mata masyarakat Madura itu orang baik, amanah, tegas, dan juga memperhatikan kelestarian budaya Indonesia,” imbuhnya.

RP Mohammad Rahmatullah merupakan anak pemangku Raja Pamekasan, Almarhum KH RP Moh Thariq Sya’rani, Jalan Sinhaji, Kelurahan Jungcangcang, Pamekasan.

Rahmatullah menegaskan Forum Masyarakat Adat Madura akan secara masif menyosialisasikan sosok Ganjar dengan cara mendatangi tokoh-tokoh di Pamekasan. 

“Juga akan dibentuk komunitas-komunitas untuk memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada masyarakat,” pungkasnya.

Pada saat yang sama, dilansir Antaranews, tokoh Masyarakat Adat Madura di Kabupaten Bangkalan juga mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo. 

Deklarasi dukung Ganjar Pranowo itu digelar di Hotel Ningrat, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. 

Tokoh Kesultanan Pangeran Blega, Ganef Shobirin mengatakan masyarakat mengagumi lima hal dari sosok Ganjar. Di anataranya, powerful, religius, realisasi program kerja, berani mengambil risiko, dan kesungguhan dalam memimpin. 

“Contoh ada jalan bolong dan rusak, beliau (Ganjar Pranowo) sudah di jalan, langsung meminta perbaikan. Oleh karena itu, kami tertarik sosok Ganjar,” ujar Ganef.

Dia juga memuji kebijakan yang diterapkan Ganjar dengan mewajibkan para aparatur sipil negara (ASN) di Jawa Tengah mengenakan Baju Adat Nusantara setiap Kamis. 

“Sangat peduli (adat). Mudah-mudahan seperti zaman sebelumnya wajib batik,di era beliau ini mungkin pakaian adat jadi budaya untuk melestarikan satu-satunya cara lewat pendidikan baik ASN pun, di Bangkalan juga terlaksana setiap hari tertentu memakai baju adat,” katanya. (has/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network