Jelang Pemilu 2024, Pangdam V Brawijaya Ingatkan Anggota TNI untuk Jaga Netralitas

Panglima Kodam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Panglima Kodam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf mengingatkan anggota TNI untuk menjaga netralitas.

“Saya selalu menekankan masalah netralitas TNI, Polri harus netral,” kata Mayjen TNI Farid Makruf, Kamis, 8 Juni 2023.

Menurutnya, tugas TNI dalam pelaksanaan pemilu hanya mengamankan dan bahkan tidak boleh terlibat dalam politik pragmatis.

Ia menjelaskan, ada 3 batasan pokok yang perlu diperhatikan oleh anggota TNI. Pertama, tidak dipilih dan memilih, kedua, tidak diijinkan mendukung salah satu partai atau caleg, ketiga dilarang mengunakan fasilitas sarana prasarana untuk kepentingan politik praktis.

“Bila anggota kami melanggar, ada proses hukumnya untuk mereka yang melanggar. Jadi, ketentuan itu sudah diatur oleh peraturan panglima TNI (Perpang) peraturan tentang netralitas TNI,” ucapnya.

Meskipun demikian, tugas pokok TNI dalam pesta demokrasi adalah mengamankan. Pihaknya tetap mengimbau, perbedaan dalam pilihan jangan sampai merusak persatuan dan kedamaian.

“Saya hanya selalu mengimbau pilihan boleh berbeda tetapi persatuan dan kedamaian harus terus diutamakan,” pungkasnya. (rus/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network