Hardiknas 2023, Bupati Sumenep Ajak Tenaga Pendidik Ciptakan Generasi Berakhlak

Suasana upacara Hardiknas 2023 di halaman kantor Bupati Sumenep (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Pada momentum Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, Bupati Sumenep Achmad Fauzi menekankan kepada para tenaga pendidik untuk terus berinovasi dalam menciptakan generasi berakhlak.

“Guru sebagai pendidik diberikan kebebasan untuk berinovasi sesuai dengan aturan yang ada. Makanya guru harus memberikan semangat motivasi kepada anak didik,” kata Achmad Fauzi usai memimpin upacara Hardiknas 2023, Selasa, 2 Mei 2023.

Upacara Hardiknas 2023 berlangsung di halaman kantor Bupati Sumenep, dihadiri Wakil Bupati Nyai Hj Dewi Khalifah, Sekdakab Edy Rasyadi, para Kabag, Kepala OPD, para Camat dan segenap ASN.

Menurut Achmad Fauzi, peran tenaga pendidik dalam hal ini guru memiliki tugas dan peran besar dalam menciptakan generasi yang dibutuhkan bangsa ini.

“Para guru memiliki tanggung jawab penuh di sekolah, bagaimana ke depan mencetak generasi yang baik bagi bangsa ini,” ujarnya.

Politisi PDIP ini mengatakan, dalam kurikulum merdeka sudah dijelaskan bahwa pendidikan karakter ini bertujuan mencetak anak didik yang berakhlak.

“Jadi memang pendidikan karakter menjadi salah satu fokus utama. Bukan hanya pada jenjang pendidikan formal, tapi juga non formal,” tegasnya.

Menurut Fauzi, jika generasi berakhlak, otomatis ilmu yang diperoleh akan akan menunjang mentalitas bangsa.

“Ilmu yang diperoleh nantinya benar-benar diimplementasikan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara,” pungkasnya. (rus/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network