Gus Muhaimin Puji Energi dan Rakyat Madura di Kampus UTM

Gus Muhaimin saat serap aspirasi dengan ratusan sivitas Kampus UTM Madura (santrinews.com/antara)

Bangkalan – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar – disapa Gus Muhaimin, memuji kekayaan Pulau Madura di hadapan sivitas akademika Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Bangkalan, Jawa Timur. Pujian ini disampaikan saat melalukan serap aspirasi kampus pada Rabu 22 Februari 2023.

Gus Muhaimin mengatakan, Madura memiliki potensi luar biasa dalam hal sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

“Madura memiliki energi dengan daya tahan yang tangguh. Agresivitas dan daya tahan orang Madura dapat memotivasi seluruh rakyat Indonesia untuk maju,” tuturnya.

Menurutnya, hal penting yang harus dijadikan landasan untuk mencapai kemajuan, semua pihak mesti memiliki kemauan dan kerja keras mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk pemerataan kemajuan.

Kampus sebagai pusat ilmu pengetahuan, sambungnya, tidak boleh hanya menjadi menara gading. “Gus Dur mendirikan UTM bukan hanya ingin membuat membuat perguruan tinggi yang bergengsi, tapi bagaimana bisa menjadikan masyarakat Madura lebih maju,” jelasnya.

Ia memandang, UTM memeliki berperan sentral dalam upaya memajukan masyarakat di Pulau Madura. Pasalnya, kampus merupakan laboratorium untuk merumuskan langkah-langkah untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

“Kita harus bisa memberikan penghormatan atas temuan-temuan kampus untuk dijadikan sebagai pendorong kemajuan bangsa,” ucapnya.

Menurutnya, hasil penelitian kampus bisa dijadikan sebagai landasan pemerintah dalam mengambil sebuah kebijakan. Dengan begitu, hasil riset kampus diberikan ruang gerak yang lebih untuk mendukung kemajuan bangsa.

“Kalau UTM melejit melampaui perguruan tinggi lainnya maka Insya Allah Jawa Timur akan maju. Semua harapan dan aspirasi sudah saya catat tertulis,” tegas Gus Muhaimin. (has/ari)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network