Disdukcapil Pamekasan Lakukan Perekaman KTP Elektronik ke Sekolah-Sekolah

Perekapan KTP elektronik di sekolah oleh Dispendukcapil Pemkab Pamekasan (santrinews.com/istimewa)

Pamekasan – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pamekasan melakukan perekeman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik ke sekolah-sekolah di wilayah itu.

Hal ini sebagai sebagai salah satu upaya untuk membantu mempersiapkan hak pilih pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Sasarannya adalah siswa yang diperkirakan berusia 17 tahun pada saat pemilu nanti,” kata Kepala Disdukcapil Pamekasan Ach Faisol, Jumat, 7 Apri 2023.

Selain itu, program perekaman KTP-el sistem “jemput bola” juga menjadi program Dispendukcapil Pamekasan yang disebut Prekas atau Perekaman KTP ke sekolah.

Faisol menjelaskan, program ini diluncurkan pada bulan suci Ramadhan 1444 H dan telah melakukan perekaman KTP ke tiga sekolah di Pamekasan, masing-masing SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Pamekasan.

“Sasaran utama perekaman KTP ini adalah siswa yang pada 14 Februari 2024 genap berusia 17 tahun, jadi sudah mempunyai hak pilih serta sudah wajib KTP. Karena itu, kami melakukan program jemput bola dengan melakukan perekaman langsung ke sekolah-sekolah,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, pola perekaman dilakukan secara bergantian, agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.

“Tapi, ini hanya melakukan perekaman data, karena sebagian yang direkam hari ini belum genap berusia 17 tahun,” tambahnya.

Dijelaskan, khusus untuk siswa yang telah berusia 17 tahun, pihaknya juga memfasilitasi untuk mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Dalam tiga kali perekaman di tiga sekolah berbeda, ada dua siswa yang telah berusia 17 tahun dan yang bersangkutan langsung dicetak KTP-nya dan difasilitasi untuk mengaktifkan IKD,” tandasnya. (ant/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network