Cetak Anak Qurani, JQHNU Sumenep Gelar Pekan MTQ 2023

Salah satu peserta cabang lomba tilawah, Pekan MTQ JQHNU Sumenep (santrinews.com/mahrus)

Sumenep – Pengurus Cabang (PC) Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Sumenep, menggelar Pekan Musabaqh Tilawatil Quran (MTQ) 2023. Acara ini sengaja diagendakan untuk memperingati Nuzulul Quran pada Ramadan 1444 H, Senin, 3 April 2023.

Dalam Pekan MTQ tersebut terdapat tiga cabang lomba yang akan dikompetisikan, yaitu cabang tilawah, tartil dan syarhil Quran dan seluruh peserta adalah anak-anak berusia maksinal 17 tahun.

Jumlah peserta yang sudah resmi akan mengikuti perlombaan yakni sekitar 55 delegasi, dari seluruh cabang lomba. Dengan rincian, 19 orang lomba tilawah, 31 lomba tartil dan 5 grup untuk cabang syarhil quran.

Ketua PC JQHNU Sumenep Syafaat mengatakan, peserta yang lolos pada final Pekan MTQ JQHNU akan mendapatkan pembinaan lebih lanjut. Pembinaan ini dimaksudkan untuk mencetak bibit-bibit unggul yang akan dikirim mewakili Kafilah Sumenep pada MTQ Jawa Timur 2023, yang direncanakan digelar di Pasuruan.

“Harapannya para finalis, nanti mampu untuk menjadi perwakilan Kafilah Sumenep, dalam MTQ Jatim 2023, yang akan dilaksanakan di Pasuruan,“pungkasnya

Syafaat menjelaskan, Bulan Ramadan menjadi salah satu momentum yang tepat, untuk menyebar luaskan nilai-nilai keislaman. Salah satunya adalah dengan menyebar luaskan ayat-ayat suci al-quran.

Kata Syafaat, pihaknya sengaja memilih peserta anak-anak karena ingin menanamkan nilai qurani pada anak sejak usia dini. Hal itu diniali sangat penting.

“Selain dalam rangka memperingati Nuzulul Quran, lomba ini bertujuan untuk menanamkan nilai qurani sejak dini kepada anak-anak,” kata dia menerangkan

Ia menegaskan, Pekan MTQ JQHNU akan menjadi agenda rutin PC JQHNU Sumenep setiap Bulan Ramadan.“Insyaallah ini akan menjadi agenda rutin kami,” pungkasnya. (rus/red)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network