557 UMKM Sumenep Warnai Festival Kreasi Anak Yatim

Sekda Sumenep Edy Rasiyadi mengunjungi salah satu stand Festival Kreasi Anak Yatim (santrinews.com/mahrus)

Sumenep – Sebanyak 557 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ikut mewarnai Festival Kreasi Anak Yatim tahun 2023. Keterlibatan UMKM ini menjadi segmen penting dalam setiap pelaksanaan kalender event di Sumenep.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep Chainur Rasyid di sela-sela acara Festival Kreasi Anak Yatim, Ahad, 19 Februari 2023.

“Jadi memang, harapan Bapak Bupati dengan adanya kalender event yang dilakukan di tahun 2023 sebanyak 61 event itu wajib hukumnya bagi UMKM untuk hadir,” kata Chainur Rasyid.

Ia juga mengaku bahwa saat ini telah melakukan koordinasi dengan sejumlah paguyuban UMKM, “Dan sudah membentuk grup di aplikasi WhatsApp,” ujarnya.

Bermacam aneka ragam makanan, dan produk lokal ikut dipasarkan dalam agenda Festival Kreasi Anak Yatim. Tidak hanya itu, setiap anak yatim mendapatkan kupon untuk membeli jajanan di lokasi festival.

Salah satu pedagang kaki lima inisial K yang menjajakan pentol di area fetival, mengaku senang karena dapat meraup omset berkali lipat jika dibandingkan dengan setiap harinya.

“Alhamdulillah, kita dapat berkah adanya festival kreasi anak yatim. Biasa, saya jualan dari pagi jam 10 hanya mendapatkan 200-300 ribu tapi kali ini mencapai kurang lebih 700 ribuan,” kata K kepada SantriNews.com.

Tentu, ia sangat mengapresiasi dengan melibatkan para pelaku UMKM di setiap kalender event Kabupaten Sumenep.

“Saya dan teman-teman yang lain bersyukur karena dilibatkan di setiap event yang ada,” pungkasnya. (rus)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network