4 Kabupaten di Madura Terapkan Cakupan Kesehatan Semesta

Foto ilustrasi alat kesehatan (santrinews.com/pexels)

Pamekasan – Pemerintah tengah berupayan untuk meningkatkan layanan kesehat bagi masyarakat Madura. Penerapan Universal Health Coverage (UHC) merupakan penunjang dari upaya tersebut.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Pamekasan Munaqib menyampaikan bahwa seluruh kabupaten di Pulau Madura sudah menjalankan upaya untuk mencapai cakupan kesehatan semesta atau UHC.

“Yang pertama adalah Sampang, Bangkalan, lalu Sumenep, dan kabupaten terakhir yang memberlakukan program UHC adalah Kabupaten Pamekasan,” katanya, pada Selasa 30 Januari 2023 lalu.

Ia menjelaskan, Program UHC dijalankan untuk memastikan semua orang bisa mengakses pelayanan kesehatan berkualitas, termasuk layanan preventif, kuratif, dan rehabilitatif, tanpa kendala biaya.

Fasilitas-fasilitas kesehatan mitra tersebut tersebar di wilayah Kabupaten Bangkalan (56), Sampang (65), Pamekasan (52), dan Sumenep (74).

Menurut Kepala Bagian Sumber Daya Manusia, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan Ary Udiyanto di Pamekasan, fasilitas kesehatan mitra yang dilibatkan untuk mencapai UHC meliputi 225 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan 22 fasilitas kesehatan tingkat lanjut (FKTL).

Kata Ary, di antara fasilitas kesehatan mitra yang mendukung upaya pencapaian UHC ada 95 puskesmas, 85 tempat praktik dokter perorangan, dan 18 tempat praktik dokter gigi.

“Kami juga bermitra dengan klinik TNI dan Polri di empat kabupaten di Madura, dengan jumlah total empat klinik Polri dan lima klinik TNI,” katanya.

Dalam menyediakan pelayanan kesehatan lanjutan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan bekerja sama dengan 16 rumah sakit dan enam klinik utama di Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. (ant/ari)

Terkait

AKHBAR Lainnya

SantriNews Network