Nasional

NasDem Jatim: Dunia Politik Butuh Keterlibatan Santri

Kamis, 21 Oktober 2021 16:00 wib

...

Surabaya – Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Jawa Timur mengajak kaum santri tidak takut terjun ke politik karena dibutuhkan generasi-generasi yang tangguh dan mandiri.

“Dunia politik membutuhkan orang baik, pintar dan hebat. Semua itu ada di diri para santri,” kata Ketua Satuan Tugas Hari Santri Nasional 2021 DPW NasDem Jatim Ipong Muchlissoni di sela pengumuman dan penganugerahan pemenang lomba Hari Santri di Surabaya, Kamis, 21 Oktober 2021.

Ia menegaskan, santri saat ini adalah anak-anak muda yang pada masa mendatang akan menjadi pemimpin, terlebih sudah memiliki sifat mandiri sejak dini.

“Mandiri itulah syarat menjadi orang yang sukses dan hebat,” ujar mantan Bupati Ponorogo tersebut.

Selain itu, kata dia, bagi NasDem santri merupakan teladan dan harus dijunjung tinggi, diapresiasi dan mendapatkan penghargaan. “NasDem ingin selalu hadir dan peduli dalam kehidupan para santri dan pesantren,” tegasnya.

Sementara itu pada pemberian hadiah yang digelar di Kantor DPW NasDem Jatim di Surabaya tersebut, diumumkan nama dan kelompok-kelompok pemenang lomba dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Nasional 2021.

Enam kategori lomba yang digelar adalah TikTok santri, cover sholawat, desain busana muslimah, khitobah, menulis dan quote hari santri.

Ipong yang juga Wakil Ketua Bidang Bappilu NasDem Jatim tersebut mengaku sempat terkejut dengan antusiasme peserta lomba. Tercatat perwakilan dari 12 provinsi ikut mengirim karya-karya yang totalnya hampir 1.000 peserta.

“Ini sangat luar biasa dan di luar perkiraan kami. Kepada pemenang kami sampaikan selamat, kepada yang belum menang jangan pernah berhenti berkarya. Seluruh hasil yang masuk hebat-hebat, tapi namanya kompetisi memang harus ada yang kalah dan menang,” ujarnya.

Di tempat sama, Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik NasDem Jatim Vinsensius Awey berterima kasih kepada para peserta, dewan juri dan semua yang terlibat dalam perlombaan.

“Selamat Hari Santri Nasional 2021 dan semoga kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Partai NasDem Jatim bermanfaat serta menambah keilmuan,” tutur politikus yang akrab disapa Awey tersebut.

Berdasarkan hasil penilaian, pemenang pertama kategori santri menulis adalah Ahmad Fazal Mustaghits (Pesantren Ihyaul Ulum, Gresik), juara pertama lomba khitobah yaitu Moh Fathul Ikhsan (Pesantren Darussalam, Banyuwangi), dan Avril Lailia Fitria (Mojokerto) sebagai yang terbaik di lomba desain busana muslimah.

Berikutnya, yang terbaik di kategori cover sholawat adalah Farida dan Sahabat Teras (Magelang), TikTok Santri perseorangan Alfi Rotunnurika (Blitar), lalu beregu Sulthon Syarifudin (Santri Al-Anwar Tuban), dan lomba quote Hari Santri dimenangkan Eko Hadi Susilo (Pacitan). (ant/red)